01 Mei 2013

MENCEGAH VIRUS MENYERANG KOMPUTER

Salah satu penyebab hilangnya data atau melambatnya komputer adalah serangan virus. Bila ini terjadi, anda akan dibuat pusing, bahkan akan mengurangi semangat kerja dengan komputer. Oleh karena itu, peranan antivirus merupakan salah satu pilihan. Beberapa upaya yang dapat anda lakukan untuk menjaga komputer anda dari ancaman virus yaitu sebagai berikut :

ü  Pastikan anda telah menggunakan antivirus pada komputer. Misalnya : Smadav, Kaspersky, Avira, Norton Antivirus, McAfee, AVG dan lain-lain.
ü  Update antivirus secara teratur.
ü  Jangan mendownload sembarang software gratis dari internet. Jika anda harus mendownload, pastikan sebelum menggunakan file hasil download tersebut anda scan terlebih dahulu.
ü  Selalu men-scan sebelum membuka media bergerak seperti CD/DVD, Flashdisk, ataupun Harddisk eksternal.
ü  Lakukan scan hardisk secara berkala sehingga komputer anda terpantau. Apabila terserang virus anda bisa mengatasinya lebih cepat.
ü  Gunakan Flashdisk yang memiliki fasilitas proteksi. Pastikan Flashdisk anda terproteksi jika setiap kali memasukan Flashdisk ke komputer.
ü  Hindari membuka email yang tidak jelas pengirimnya, lebih-lebih mendownload attachment karena belakangan ini banyak worm atau virus yang mengirimkan copy dirinya dalam bentuk attachment email.
ü  Buatlah backup data dan email secara rutin, misalnya seminggu sekali agar terlindung dari kemungkinan hilangnya data.
ü  Sebaiknya jangan menggunakan Hide extensions for known file types dalam folder option karena banyak virus yang memanfaatkan fitur ini. Jika diaktifkan semua ekstensi file yang terdapat dalam windows tidak akan ditampilkan, termasuk file .EXE. virus biasanya menyamar sebagai file tersebut dengan member icon yang mirip folder windows sehingga user mengiranya sebagai folder biasa padahal file yang mengandung virus.
ü  Sebaiknya aktifkan pilihan remember each folders view settings sehingga setiap folder memiliki setting sendiri-sendiri. Jika tidak aktif, semua folder akan menggunakan setting terakhir

TIPS DALAM MEMILIH LAPTOP


Sebelum anda memutuskan untuk membeli laptop, alangkah baiknya anda memikirkan dengan cermat dan teliti bagaimana memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan.

Berikut ini beberapa tips sebelum anda memutuskan untuk membeli laptop :

1. Tentukan terlebih dahulu kegunaannya
Sebelum anda membeli laptop, tentukan terlebih dahulu kegunaan laptop tersebut. Apakah hanya untuk mengetik atau untuk desain atau main game, atau mobile. Penentuan kegunaan tersebut akan berpengaruh terhadap spesifikasi dan harga dari laptop itu sendiri. Apabila laptop akan dipakai untuk kegiatan desain atau bermain game, sebaiknya memilih spesifikasi laptop yang menitipberatkan pada VGA(Video Grapich Array) dan memori yang handal dan berkemampuan yang tinggi, misalnya teknologi multi-core dan arsitektur 64 bit. Sedangkan untuk laptop yang digunakan secara mobile, pilihlah laptop dengan penekanan pada pilihan umur baterai, berat laptop, ukuran layar, serta beberapa fitur internal konektifitas seperti : WiFi, Bluetooth, IrDa, network card, dan modem.

2. Pertimbangkan ukuran layar (LCD), berat laptop, dan umur baterai
Laptop untuk kegiatan bisnis dengan mobilitas tinggi, sebaiknya dipilih yang ringan dan ukuran layar tidak terlalu besar sehingga lebih praktis dan mudah membawanya. Umumnya baterai laptop bertahan dari 2 hingga 3 jam tanpa terhubung ke adaptor. Laptop tertentu dapat bertahan lebih dari 3 jam, tentu dengan cara tertentu agar hemat baterai, misalnya dengan mematikan fungsi konektifitas seperti WiFi dan Bluetooth atau mematikan media eksternal yang dipasang pada laptop.

3. Pertimbangkan masalah garansinya
Umumnya orang akan lebih megutamakan garansi produsen/pabrik. Saat ini banyak juga yang dilengkapi dengan asuransi.

4. Pertimbangkan layanan purna jual
Layanan purna jual dari laptop yang akan anda beli sebaiknya jadi perimbangan. Mulai dari gerai service yang ada di wilayah anda, ketersediaan sparepart di pasaran, dan harga jual lagi yang lebih tinggi karena tidak selamanya anda akan menggunakan laptop yang saat ini anda beli.

SISTEM OPERASI UNIX


Unix atau UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh AT&T Bell Labs pada tahun 1960 dan 1970-an. UNIX didesain sebagai sistem operasi yang portable, multi-tasking dan multi-user. Sistem operasi Unix digunakan secara luas baik sebagai server atau workstation. Arsitektur Unix dan model client/server merupakan elemen yang paling penting dalam perkembangan internet dan mengubah proses komputasi secara terpusat dalam jaringan dari pada proses tunggal di komputer. Linux, merupakan sistem operasi yang diadopsi dari Unix dan tersedia secara bebas mendapat popularitas sebagai alternatif dari sistem operasi proprietary seperti Microsoft Windows.

SEJARAH

Pada tahun 1960, Massachusetts Institute of Technology, AT&T Bell Labs, and General Electric bekerja dalam sebuah sistem operasi eksprimental yang disebut Multics (Multiplexed Information and Computing Service).

APLIKASI

Banyak aplikasi-aplikasi dalam sistem operasi lain yang awalnya lahir dalam lingkungan sistem operasi Unix. Salah satu contoh aplikasi yang dimaksud misalnya adalah Gnuplot

UNIX DI INDONESIA

Di Indonesia Unix digunakan sebagai Server aplikasi, produk yang beredar di pasaran antara lain IBM AIX, HP UX, Sun Solaris. Masing-masing produk ini umumnya memiliki pasar tersendiri seperti Sun Solaris yang digunakan pada operator telekomunikasi selular, HP UX pada manufaktur dan distribusi. Fungsi Unix sebagai workstation kurang populer mengingat harganya yang mahal.

JENIS-JENIS UNIX

UNIX adalah sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh banyak pihak. Setiap pihak yang mengembangkan UNIX, menambahkan teknologi miliknya ke dalam UNIX, yang meskipun hal itu di luar standar, mampu menjadikan sistem operasi UNIX lebih kuat atau lebih andal. Berikut ini adalah beberapa jenis UNIX beserta vendornya.

Nama varian UNIX - [Vendor]

A/UX - Apple Computer
Domain/X - Apple Computer
Darwin - Apple Computer (modifikasi yang dilakukan oleh Apple dari kernel BSD dan diaplikasikan pada Mac OS/X).
CTIX - Convergent Technology
Distrix - Convergent Technology
UniCOS - Cray Research (sekarang bagian dari Silicon Graphics Incorporated)
DG/UX - Data General Corporation
Digital UNIX - Digital Equipment Corporation (DEC) (dibeli oleh Compaq, sekarang bagian dari Hewlett-Packard)
Ultrix - Digital Equipment Corporation (DEC) (dibeli oleh Compaq. sekarang bagian dari Hewlett-Packard)
CLIX - Fairchild Company
HP/UX - Hewlett-Packard
Tru64 - Compaq (sekarang bagian dari Hewlett-Packard)
AIX - International Business Machine (IBM) Corporation
Coherent - Mark William Company
XENIX - Microsoft Corporation (lalu dijual ke SCO)
DVIX - Northern Telecom
UnixWare - Novell Incorporated
SCO UNIX - Santa Cruz Operation (SCO) Corporation
SCO XENIX - Santa Cruz Operation (SCO) Corporation
SCO OpenServer - Santa Cruz Operation (SCO) Corporation
Dynix - Sequent
SINIX - Siemens Corporation/Nixdorf
IRIX - Silicon Graphics Incorporated (SGI)
SunOS - Stanford Universities Network (SUN)
Solaris - Sun Microsystems Incorporated
Eunice - The Wollongong Group
Uniplus+ - Unisoft Corporation
BSD UNIX - Universitas California (University of California) Berkeley, Amerika Serikat
BSD/I - BSDI (Berkeley Software Design Incorporated)
OSF/1 - Open Software Foundation
GNU/Linux - Free Software Foundation
GNU/Hurd - Free Software Foundation
FreeBSD
NetBSD
OpenBSD
NextStep
Minix - Universitas Terbuka Amsterdam (Vrije Universiteit Amsterdam), Belanda
Mach - Universitas Carnegie Mellon (Carnegie Mellon University), Amerika Serikat
UNIX System V - Lucent Technologies (Bell Labs)
QNX - QNX Software Systems

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Unix

STATISTIKA NON PARAMETIK

Statistika nonparametrik ialah suatu cabang ilmu statistik yang mempelajari prosedur-prosedur inferensial dengan kesahihan yang tidak bergantung kepada asumsi-asumsi yang kaku (misalnya syarat kenormalan suatu data, atau ragam yang sama, dll) tetapi cukup pada asumsi yang umum. Terdapat dua tipe utama prosedur statistik yang dianggap nonparametrik yaitu
1.) Nonparametrik murni
2.) Bebas Sebaran.

Statistik Nonparametrik Vs Statistik Parametrik Kekurangan dan Kelebihan
Setiap pemilihan prosedur pengujian data, apakah itu menggunakan Nonparametrik atau Parametrik memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan masing-masing prosedur :

Kelebihan Statistik Nonparametrik
Kelebihan prosedur pengujian menggunakan statistik nonparametrik dibandingkan dengan statistik parametrik ialah :
1. Asumsi yang digunakan minimum sehingga mengurangi kesalahan penggunaan
2. Perhitungan dapat dilakukan dengan cepat dan mudah
3. Konsep dan Metode Nonparametrik mudah dipahami bahkan oleh seseorang dengan kemampuan matematik yang minim
4. Dapat diterapkan pada skala peubah kualitatif (Nominal dan ordinal)

Kekurangan Statistik Nonparametrik
Kekurangan prosedur pengujian menggunakan statistik nonparametrik dibandingkan dengan statistik parametrik ialah :
1. Bila digunakan pada data yang dapat diuji menggunakan statistika parametrik maka hasil pengujian menggunakan statistik nonparametrik menyebabkan pemborosan informasi
2. Pekerjaan hitung-menghitung (aritmetik) karena memerlukan ketelitian terkadang menjemukan
Kapan Prosedur Nonparametrik digunakan ?
Prosedur Nonparametrik digunakan sebaiknya :
1. Bila hipotesis yang diuji tidak melibatkan suatu parameter populasi
2. Bila data telah diukur menggunakan skala nominal atau ordinal
3. Bila asumsi-asumsi yang diperlukan pada suatu prosedur pengujian parametrik tidak terpenuhi
4. Bila penghitungan harus dilakukan secara manual

Sumber : http://www.ilmustatistik.com

30 April 2013

TEKNOLOGI WiMAX


WiMAX ( Worldwide Interoperability for Microwave Access )

WiMAX adalah teknologi akses nirkabel pita lebar (broadband wireless access atau disingkat BWA) yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dengan jangkauan yang luas. WiMAX merupakan evolusi dari teknologi BWA sebelumnya dengan fitur-fitur yang lebih menarik. Disamping kecepatan data yang tinggi mampu diberikan, WiMAX juga merupakan teknologi dengan open standar. Dalam arti komunikasi perangkat WiMAX diantara beberapa vendor yang berbeda tetap dapat dilakukan (tidak proprietary). Dengan kecepatan data yang besar (sampai 70 MBps), WiMAX dapat diaplikasikan untuk koneksi broadband ‘last mile’, ataupun backhaul.

Perkembangan Teknologi WiMAX

Sementara itu WiMAX merupakan teknologi yang sangat baru. Bahkan pengujian perangkat dari beberapa vendor untuk mendapat sertifikat ”WiMAX” baru dimulai sekitar bulan Agustus 2005. Untuk standar WiMAX mobile (IEEE 802.16e) baru disahkan sekitar pertengahan tahun 2006.
Sementaa itu WiMAX yang akan berkembang saat ini masih comply ke standar IEEE 802.16-2004 yang diaplikasikan untuk solusi fixed.

Sedangkan di teknologi WiMAX diawali dengan standar 802.16 kemudian diperbaharui ke 802.16 (REVd) dan dikembangkan ke untuk melayani pelanggan mobile (802.16e). Tabel berikut menerangkan berbagai standar evolusi di WiMAX. WiMax Standar BWA yang saat ini umum diterima dan secara luas digunakan adalah standar yang dikeluarkan oleh Institute of Electrical and Electronics Engineering (IEEE), seperti standar 802.15 untuk Personal Area Network (PAN), 802.11 untuk jaringan Wireless Fidelity (WiFi), dan 802.16 untuk jaringan Worldwide Interoperability for Microwave Access (WiMAX).

Standar keluaran IEEE banyak digunakan secara luas di daerah asalnya, Amerika, sedangkan standar keluaran ETSI meluas penggunaannya di daerah Eropa dan sekitarnya. Untuk membuat teknologi ini dapat digunakan secara global, maka diciptakanlah WiMAX. Kedua standar yang disatukan ini merupakan standar teknis yang memiliki spesifikasi yang sangat cocok untuk menyediakan koneksi berjenis broadband lewat media wireless atau dikenal dengan BWA.

Spektrum Frekuensi WiMAX

Sebagai teknologi yang berbasis pada frekuensi, kesuksesan WiMAX sangat bergantung pada ketersediaan dan kesesuaian spektrum frekuensi. Sistem wireless mengenal dua jenis band frekuensi yaitu Licensed Band dan Unlicensed Band. Licensed band membutuhkan lisensi atau otoritas dari regulator, yang mana operator yang memperoleh licensed band diberikan hak eksklusif untuk menyelenggarakan layanan dalam suatu area tertentu. Sementara Unlicensed Band yang tidak membutuhkan lisensi dalam penggunaannya memungkinkan setiap orang menggunakan frekuensi secara bebas di semua area.

WiMAX Forum menetapkan 2 band frekuensi utama pada certication profile untuk Fixed WiMAX (band 3.5 GHz dan 5.8 GHz), sementara untuk Mobile WiMAX ditetapkan 4 band frekuensi pada system profile release-1, yaitu band 2.3 GHz, 2.5 GHz, 3.3 GHz dan 3.5 GHz.
Secara umum terdapat beberapa alternatif frekuensi untuk teknologi WiMAX sesuai dengan peta frekuensi dunia. Dari alternatif tersebut band frekuensi 3,5 GHz menjadi frekuensi mayoritas Fixed WiMAX di beberapa negara, terutama untuk negara-negara di Eropa, Canada, Timur-Tengah, Australia dan sebagian Asia. Sementara frekuensi yang mayoritas digunakan untuk Mobile WiMAX adalah 2,5 GHz.

Isu frekuensi Fixed WiMAX di band 3,3 GHz ternyata hanya muncul di negara-negara Asia. Hal ini terkait dengan penggunaan band 3,5 GHz untuk komunikasi satelit, demikian juga dengan di Indonesia. Band 3,5 GHz di Indonesia digunakan oleh satelit Telkom dan PSN untuk memberikan layanan IDR dan broadcast TV. Dengan demikian penggunaan secara bersama antara satelit dan wireless terrestrial (BWA) di frekuensi 3,5 GHz akan menimbulkan potensi interferensi terutama di sisi satelit.

Teknologi WiMAX dan Layanannya

BWA WiMAX adalah standards-based technology yang memungkinkan penyaluran akses broadband melalui penggunaan wireless sebagai komplemen wireline. WiMAX menyediakan akses last mile secara fixed, nomadic, portable dan mobile tanpa syarat LOS (NLOS) antara user dan base station. WiMAX juga merupakan sistem BWA yang memiliki kemampuan interoperabilty antar perangkat yang berbeda. WiMAX dirancang untuk dapat memberikan layanan Point to Multipoint (PMP) maupun Point to Point (PTP). Dengan kemampuan pengiriman data hingga 10 Mbps/user.

Pengembangan WiMAX berada dalam range kemampuan yang cukup lebar. Fixed WiMAX pada prinsipnya dikembangkan dari sistem WiFi, sehingga keterbatasan WiFi dapat dilengkapi melalui sistem ini, terutama dalam hal coverage/jarak, kualitas dan garansi layanan (QoS). Sementara itu Mobile WiMAX dikembangkan untuk dapat mengimbangi teknologi selular seperti GSM, CDMA 2000 maupun 3G. Keunggulan Mobile WiMAX terdapat pada konfigurasi sistem yang jauh lebih sederhana serta kemampuan pengiriman data yang lebih tinggi. Oleh karena itu sistem WiMAX sangat mungkin dan mudah diselenggarakan oleh operator baru atau pun service provider skala kecil. Namun demikian kemampuan mobility dari Mobile WiMAX masih berada dibawah kemampuan teknologi selular.

Tinjauan Teknologi

WiMax adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan standar dan implementasi yang mampu beroperasi berdasarkan jaringan nirkabel IEEE 802.16, seperti WiFi yang beroperasi berdasarkan standar Wireless LAN IEEE802.11 Namun, dalam implementasinya WiMax sangat berbeda dengan WiFi.

Pada WiFi, sebagaimana OSI Layer, adalah standar pada lapis kedua, dimana Media Access Control (MAC) menggunakan metode akses kompetisi, yaitu dimana beberapa terminal secara bersamaan memperebutkan akses. Sedangkan MAC pada WiMax menggunakan metode akses yang berbasis algoritma penjadualan (scheduling algorithm). Dengan metode akses kompetisi, maka layanan seperti Voice over IP atau IPTV yang tergantung kepada Kualitas Layanan (Quality of Service) yang stabil menjadi kurang baik. Sedangkan pada WiMax, dimana digunakan algoritma penjadualan, maka bila setelah sebuah terminal mendapat garansi untuk memperoleh sejumlah sumber daya (seperti timeslot), maka jaringan nirkabel akan terus memberikan sumber daya ini selama terminal membutuhkannya.

Standar WiMax pada awalnya dirancang untuk rentang frekuensi 10 s.d. 66 GHz. 802.16a, diperbaharui pada 2004 menjadi 802.16-2004 (dikenal juga dengan 802.16d) menambahkan rentang frekuensi 2 s.d. 11 GHz dalam spesifikasi. 802.16d dikenal juga dengan fixed WiMax, diperbaharui lagi menjadi 802.16e pada tahun 2005 (yang dikenal dengan mobile WiMax) dan menggunakan orthogonal frequency-division multiplexing (OFDM) yang lebih memiliki skalabilitas dibandingkan dengan standar 802.16d yang menggunakan OFDM 256 sub-carriers. Penggunaan OFDM yang baru ini memberikan keuntungan dalam hal cakupang, instalasi, konsumsi daya, penggunaan frekuensi dan efisiensi pita frekuensi. WiMax yang menggunakan standar 802.16e memiliki kemampuan hand over atau hand off, sebagaimana layaknya pada komunikasi selular.

Banyaknya institusi yang tertarik atas standar 802.16d dan .16e karena standar ini menggunakan frekuensi yang lebih rendah sehingga lebih baik terhadap redaman dan dengan demikian memiliki daya penetrasi yang lebih baik di dalam gedung. Pada saat ini, sudah ada jaringan yang secara komersial menggunakan perangkat WiMax bersertifikasi sesuai dengan standar 802.162.

Spesifikasi WiMax membawa perbaikan atas keterbatasan-keterbatasan standar WiFi dengan memberikan lebar pita yang lebih besar dan enkripsi yang lebih bagus. Standar WiMax memberikan koneksi tanpa memerlukan Line of Sight (LOS) dalam situasi tertentu. Propagasi Non LOS memerlukan standar .16d atau revisi 16.e, karena diperlukan frekuensi yang lebih rendah. Juga, perlu digunakan sinyal muli-jalur (multi-path signals), sebagaimana standar 802.16n.

Berikut adalah perusahaan pembuat perangkat WiMAX
·         Motorola
·         InfiNet Wireless
·         Aperto
·         EION
·         Axxcelera

Produk Life Cycle

Seperti biasa pada implementasi sebuah teknologi atau produk maka mata rantai dari life cycle produk dimaksud akan melalui 4 tahapan yaituproduct development, introduction to market, Mature Market dan product phase-out. Perbedaan antara WiMAX dan 3G saat ini adalah bahwa untuk WiMAX tahapannya baru memasuki product development dan sedangintroduction to market. Sedangkan 3G sedang mengalami 2 tahapan yaitu introduction to market dan mature market (untuk beberapa negara). Untuk fase product phase-out tentunya masih belum diketahui, perlu dilakukan kajian lebih mendalam terkait dengan waktu (berapa tahun) kedua teknologi tersebut mampu bertahan.

Layanan

Bila dilihat dari sisi layanan (speed) yang bisa diberikan, maka WiMAX mampu melampaui 3G. Tabel berikut diambil dari CSBF research yang menggambarkan perbandingan berbagai teknologi ke depan termasuk 3G dan WiMAX. Dengan demikian keunggulan WiMAX adalah terlihat dari sisi kecepatannya. Dengan demikian secara otomatis akan banyak memberikan layanan yang menarik dibanding 3G.

Namun bila difokuskan pada kemampuan mobility-nya, 3G masih unggul dibanding WiMAX. Apalagi saat ini (tahun 2005) WiMAX baru difokuskan untuk pelanggan fixed dan baru tahun 2006 mulai difokuskan untuk pelanggan bergerak (nomadic). Menurut deskripsi di atas, maka WiMAX sangat cocok untuk kondisi low mobility namun high bandwidth. Sedangkan 3G diperuntukkan untukhigh mobility dengan data rate yang rendah.

Disamping perbedaan di atas dari awal teknologi seluler termasuk 3G adalah diperuntukkan untuk pelanggan personal. Lain dengan teknologi WiMAX yang pada awalnya diimplementasikan untuk backhaul maupun akses broadband. Ke depan setelah mengikuti standar 802.16 e WiMAX baru cocok untuk aplikasi mobile (nomadic).

Pada jaringan selular juga telah dikembangkan teknologi yang dapat mengalirkan data yang overlay dengan jaringan suara seperti GPRS, EDGE, WCDMA, dan HSDPA. Masing-masing evolusi pada umumnya mengarah pada kemampuan menyediakan berbagai layanan baru atau mengarah pada layanan yang mampu menyalurkan voice, video dan data secara bersamaan (triple play). Sehingga strategi pengembangan layanan broadband wireless dibedakan menjadi Mobile Network Operator (MNO) dan Broadband Provider (BP).


Sumber :
·         www.wimaxforum.com
·         www.wimaxxed.com
·         Artikel ”Sekilas Tentang WiMAX”; Gunadi Dwi Hantoro
·         3G atau WiMAX, artikel dari majalah EbizzAsia (Juli 2005)
·         http://id.wikipedia.org/wiki/Wikipedia

25 April 2013

Just Watch & Learn


Just Watch & Learn

1. In choosing your life partner, do not see from where they came from, but see where they will go.
2. The problem comes and goes. When rested, life is going to be heavy, but when it goes live, it will be noticeably lighter, even lighter than the previous ones. And one property leave is called “experience”.
3. People say, do not expect too much. But sometimes we have to expect much. When one hopes are gone, you still have other expectations.
4. A friend is someone who understands your past, confident about your future.
5. As I reflect on the morning, my mirror reflects the successful candidate’s face. The face of the optimistic and a winner. Is your mirror reflecting the same thing?
6. Sometimes the best lessons about life, coming as the worst conditions in your life.
7. God gave the problem to us because he knows it is the most powerful way to make us become stronger
8. Today, we can’t change the past.  But today we may change tomorrow.
9. When Isaac Newton saw the Apple fall, he learned the sense of gravity. When we fall, we learn the meaning of life.

Facebook


FACEBOOK


SEJARAH

Mark Zuckerberg menciptakan Facemash, pendahulu Facebook, tanggal 28 Oktober 2003 ketika berada di Harvard sebagai mahasiswa tahun kedua. Menurut The Harvard Crimson, situs ini mirip dengan Hot or Not, dan menggunakan "foto yang diperoleh dari Facebook (buku wajah) daring di sembilan asrama, menempatkan dua foto berdampingan pada satu waktu dan meminta pengguna memilih yang mana yang paling seksi".

Mark Zuckerberg membantu menciptakan Facebook di kamar asramanya di Harvard.
Untuk menyelesaikannya, Zuckerberg meretas ke bagian jaringan komputer Harvard yang dilindungi dan menyalin gambar-gambar ID pribadi asrama. Harvard pada waktu itu tidak memiliki "buku wajah" (direktori berisi foto dan informasi dasar) mahasiswa. Facemash menarik 450 pengunjung dan 22.000 tampilan foto pada empat jam pertama mengudara.
Situs ini langsung diteruskan ke beberapa server grup kampus, namun dimatikan beberapa hari kemudian oleh administrasi Harvard. Zuckerberg dihukum karena menembus keamanan kampus, melanggar hak cipta, dan melanggar privasi individu, dan terancam dikeluarkan. Namun, hukuman tersebut dibatalkan. Zuckerberg memperluas proyek awalnya ini pada semester tersebut dengan membuat peralatan studi sosial untuk menghadapi ujian final sejarah seni, dengan mengunggah 500 lukisan Augusta ke situs webnya, dengan satu gambar per halaman disertai kotak komentar. Ia membuka situs tersebut kepada teman sekelasnya, dan mereka mulai saling berbagi catatan.

Pada semester berikutnya, Zuckerberg mulai menulis kode untuk situs web baru pada Januari 2004. Ia terinspirasi, katanya, oleh editorial The Harvard Crimson tentang insiden Facemash. Pada 4 Februari 2004, Zuckerberg meluncurkan "The Facebook" yang awalnya berada di situs web TheFacebook.com.
Enam hari setelah situs ini diluncurkan, tiga senior Harvard, Cameron Winklevoss, Tyler Winklevoss, dan Divya Narendra, menuduh Zuckerberg sengaja mengalihkan mereka agar mereka percaya ia membantu mereka membuat jejaring sosial bernama HarvardConnection.com, sementara ia menggunakan ide mereka untuk membuat sebuah produk saingan. Ketiganya mengeluh kepada Harvard Crimson, dan surat kabar ini memulai sebuah investigasi. Tiga senior tersebut mengajukan tuntutan hukum terhadap Zuckerberg yang akhirnya diselesaikan.

Keanggotaan awalnya dibatasi kepada mahasiswa Harvard College saja, dan pada bulan pertama, lebih dari setengah mahasiswa sarjana di Harvard terdaftar di situs ini. Eduardo Saverin (pebisnis), Dustin Moskovitz (programer), Andrew McCollum (seniman grafis), dan Chris Hughes segera bergabung dengan Zuckerberg untuk membantu mempromosikan situs web ini. Bulan Maret 2004, Facebook memperluas diri ke Stanford, Columbia, dan Yale. Situs ini kemudian dibuka ke sekolah Ivy League lain, Universitas Boston, Universitas New York, MIT, dan secara perlahan beberapa universitas di Kanada dan Amerika Serikat.

Facebook diinkorporasikan pada musim panas 2004, dan pengusaha Sean Parker, yang sering memberi saran kepada Zuckerberg, diangkat sebagai presiden perusahaan. Bulan Juni 2004, Facebook memindahkan pusat operasinya ke Palo Alto, California. Perusahaan ini menerima investasi pertamanya pada bulan itu dari pendiri pendamping PayPal, Peter Thiel. Perusahaan ini menghapus The dari namanya setelah membeli nama ranah facebook.com pada tahun 2005 dengan nilai $200.000.

Facebook meluncurkan versi sekolah menengah atas pada September 2005 yang dianggap Zuckerberg sebagai tahap logis selanjutnya. Pada waktu itu, jaringan sekolah menengah membutuhkan undangan untuk bergabung. Facebook kemudian memperluas persyaratan keanggotaannya kepada karyawan dari sejumlah perusahaan, termasuk Apple Inc. dan Microsoft. Facebook kemudian dibuka tanggal 26 September 2006 kepada setiap orang yang berusia 13 tahun dan ke atas dengan alamat surel yang sah.

Pada 24 Oktober 2007, Microsoft mengumumkan bahwa mereka telah membeli 1,6% saham Facebook senilai $240 juta, sehingga memberikan Facebook nilai sebesar $15 milyar. Pembelian oleh Microsoft ini meliputi hak mereka untuk menempatkan iklan internasional di Facebook. Bulan Oktober 2008, Facebook mengumumkan bahwa mereka akan membuka kantor pusat internasional di Dublin, Irlandia. Bulan September 2009, Facebook mengatakan bahwa mereka mengalami arus kas positif untuk pertama kalinya. Bulan November 2010, menurut SecondMarket Inc., sebuah bursa saham perusahaan swasta, nilai Facebook mencapai $41 milyar (mengalahkan eBay secara tipis) dan menjadi perusahaan web terbesar ketiga di AS setelah Google dan Amazon.[49] Facebook telah diincar sebagai kandidat berpotensi untuk penawaran umum perdana pada 2013.

Lalu lintas ke Facebook meningkat stabil setelah 2009. Jumlah pengunjung Facebook mengalahkan Google pada 13 Maret 2010. Pada bulan Maret 2011, dilaporkan bahwa Facebook menghapus sekitar 20.000 profil dari situs ini setiap hari atas berbagai macam alasan, termasuk spam, konten tidak pantas dan pemakaian di bawah umur, sebagai bagian dari upayanya mendorong keamanan siber.

Pada awal 2011, Facebook mengumumkan rencananya untuk pindah ke kantor barunya, bekas kampur Sun Microsystems di Menlo Park, California. Statistik DoubleClick memperlihatkan bahwa Facebook meraih satu triliun tampilan halaman pada bulan Juni 2011 dan menjadikannya situs web yang paling banyak dikunjungi di dunia.

KONSEP

Facebook memiliki konsep sebagai media jejaring sosial dimana para penggunanya dapat membuat profil diri mereka sendiri yang dilengkapi foto/video, daftar ketertarikan pribadi, informasi kontak, dan informasi pribadi lain (tanggal lahir, tempat tinggal, pendidikan, pekerjaan, hobi, dan bisa mendeskripsikan tentang diri sendiri).

Para pengguna juga bisa menambah kenalan atau yang biasa kita sebut dengan teman (fitur friends). Trend penggunaan facebook sebagai media jejaring sosial tidak jauh-jauh dari mengekspresikan semua hal yang kita alami, dan membagikannya dengan pengguna lain (yang disebut friends) melaui fitur update status dan diketik di dalam kolom yang bertuliskan “what’s on your mind” yang nantinya akan tampil pada home/timeline. Facebook juga dilengkapi  fitur pesan pribadi (fitur message)  atau umum (disebut dengan wall to wall)  dan fitur obrolan (chating).  Pengguna juga dapat membuat dan bergabung dengan grup ketertarikan dan “halaman kesukaan” (dulu disebut “halaman penggemar” hingga 19 April 2010).


TEKNOLOGI YANG DIGUNAKAN FACEBOOK

Facebook menggunakan berbagai layanan, peralatan, dan bahasa pemrograman untuk membuat infrastruktur inti. Pada ujung depan, server mereka menjalankan LAMP (Linux, Apache, MySQL, dan PHP) stack dengan Memcache.

Linux & Apache

Linux adalah Unix seperti kernel sistem operasi komputer. Open source, mudah disesuaikan, dan baik untuk keamanan. Facebook menjalankan sistem operasi Linux di Apache HTTP Server. Apache juga open source gratis dan merupakan web server yang paling populer di gunakan.

PHP

Facebook menggunakan PHP karena itu adalah bahasa pemrograman web yang baik dengan dukungan luas dan komunitas pengembang yang aktif dan hal ini baik untuk iterasi yang cepat. PHP adalah bahasa pemrograman script yang dinamis.
Memcache

Memcache adalah sistem caching memori yang digunakan untuk mempercepat database website dinamis (seperti Facebook). Dengan caching data dan objek dalam RAM untuk mengurangi waktu membaca. Memcache adalah media cache utama Facebook membantu meringankan beban database.

Memiliki sistem caching memungkinkan Facebook untuk bisa sangat cepat memanggil data Anda. Karena tidak harus pergi ke database, memcache hanya akan mengambil data Anda dari cache berdasarkan ID pengguna Anda.

Menyadari bahwa ada kekurangan dalam menggunakan LAMP stack. Terutama, PHP tidak selalu bisa dioptimalkan untuk website besar dan karena itu sulit untuk skala. Juga, itu bukan bahasa tercepat untuk dijalankan. Dan kerangka ekstensi sulit untuk digunakan.

Facebook telah tumbuh begitu cepat sehingga mereka sering dihadapkan dengan isu-isu mengenai query database, caching, dan penyimpanan data. Database mereka sangat besar dan sangat kompleks. Untuk menjelaskan hal ini, Facebook telah mulai banyak proyek open source dan layanan backend.

Bagaimana Cara Kerja Back End
         
Backend layanan Facebook ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman yang berbeda termasuk C + +, Java, Python, dan Erlang. Filosofi mereka untuk penciptaan layanan adalah sebagai berikut:

1. Buat layanan jika diperlukan

2. Buat kerangka / toolset untuk menciptakan layanan dengan mudah

3. Gunakan bahasa pemrograman yang tepat untuk semua tugas

Daftar semua perkembangan open Facebook source dapat ditemukan di sini. Saya akan membahas beberapa alat-alat penting yang telah dikembangkan Facebook.

Thrift (protokol)

Thrift adalah kerangka remote procedure call lintas bahasa. Thrift mendukung C + +, PHP, Python, Perl, Java, Ruby, Erlang, dan lain-lain. Ini cepat, menghemat waktu pengembangan, dan menyediakan pembagian tenaga kerja bekerja pada server dan aplikasi dengan kinerja tinggi.

Scribe (log server)

Scribe adalah server untuk menggabungkan data log dialirkan secara real-time dari server lain. Ini adalah kerangka kerja terukur berguna untuk menyimpan log beragam data. Hal ini dibangun di atas Thrift.

Cassandra (database)

Cassandra adalah sistem manajemen database yang dirancang untuk menangani sejumlah besar data yang tersebar pada banyak server. Ini kekuatan fitur Kotak Pencarian Facebook dan menyediakan penyimpanan nilai kunci terstruktur dengan sangat konsisten.

Hiphop untuk PHP

Hiphop untuk PHP adalah kode sumber transformator untuk kode script PHP dan diciptakan untuk menghemat sumber daya server. Hiphop mengubah source code PHP ke dioptimalkan C++. Setelah melakukan hal ini, menggunakan g++ untuk mengkompilasi ke kode mesin.

Facebook Application

Aplikasi yang dijalankan diatas facebook platform, framework yang memungkinkan pengembang program mengembangkan aplikasi yang berintraksi dengan facebook dan data user.

ANALISIS KELEBIHAN DAN KEKURANGAN

KELEBIHAN FACEBOOK :

- Dapat berkomunikasi kembali dengan kerabat dan teman - teman lama.

- Group, group ini dapat kita buat sendiri sesuai dengan tujuan orang-orangnya. Maksudnya semua yang memiliki facebook dapat membuat sebuah group yang ditujukan kepada sebuah komunitas atau siapa saja yang inginbergabung untuk mendapatkan informasi tentang group tersebut. Misalnya saja seperti kelas yang memiliki sebuah group facebook, dalam group itu semua mahasiswa yang tergabung bisa memberi/share info apa saja mengenai kelas ataupun kampus.

- Notes & Tagging Notes, dalam notes kita bisa menuliskan apa saja seperti menceritakan sesuatu, dan notes teersebut bisa kita tandai sama seperti foto juga mengomentarinya.

- Chat, pada jejaring social sebelumnya (Friendster) tidak terdapat aplikasi untuk chating (berinteraksi) melalui media text dengan teman yang juga menjadi teman dalam account kita.

- Games, pada jejaaring social lain tidak disediakan aplikasi games dengan menggunakan account kita, tapi dalam facebook kita dapat memainkan games seperti poker (kartu), pet society, Farmville, mavia wars, dan lain-lain dengan menggunakan account facebook kita.

- Comments, kita bisa mengomentari apa saja, entah itu status, foto, wall, notes teman kita. Tagging photo, biasanya para pengguna suka meng-upload berbagai fotonya ke dalam account mereka, sama halnya pada Friendster. Dalam facebook, selain meng-upload foto untuk bisa diperlihatkan, kita juga bisa menandai orang-orang yang ada dalam foto tersebut apabila orang tersebut menjadi teman dalam account facebook kita.

- Update status, disini kita bisa menulis apa saja yang sedang kita lakukan, kita rasakan, dimana keberadaan kita, bersama siapa, bahkan yang tidak bisa kita ungkapkan pada orang lain.

KEKURANGAN FACEBOOK :

- Pemalsuan identitas
Sebuah account facebook bisa dipalsukan oleh orang lain dengan info/data diri yang tidak benar sama sekali yang mungkin akan merugikan orang yang accountnya dipalsukan.

- Adiktif
Facebook ini bisa menyita waktu sang pemilik account untuk terus menggunakan (kasarnya memebuat para pengguna terbuai dan tidak peduli dengan tugas/pekerjaannya, bagi para facebookers akut).

- Informasi yang tidak dibenarkan
Selain itu dari Facebook juga bisa menyebarkan berita yang tidak baik, HOAX ataupun mengkomentari hal-hal yang berbau SARA, Pornografi, dll.

KEAMANAN

Pada bulan Januari lalu, Facebook dikabarkan berhasil tangkal serangan peretas dan tidak ada data yang berhasil dicuri. Dengan keberhasilan tersebut, dapat dikatakan bahwa tim IT Facebook lebih baik dari perusahaan sejenis lain.

Memang Facebook tidak menjelaskan secara langsung ketika mereka diserang oleh peretas yang mencoba mencuri data dari database mereka. Namun akhirnya di pertengahan Februari lalu, Facebook beritakan serangan tersebut ke publik.

Tech Crunch (16/02) melansir bahwa setelah terjadi serangan, Facebook tidak terlihat panik atau melakukan tindakan berlebih. Hal tersebut dikarenakan tim IT atau tim sekuritas yang dimiliki Facebook benar-benar berkualitas dan dapat diandalkan.

Banyak langkah antisipasi yang dilakukan Facebook sebelum serangan terjadi. Situs besutan Mark Zuckerberg ini juga dibantu oleh beberapa pakar IT serta white hacker yang selalu memberitahukan letak celah keamanan yang dapat ditembus dengan mudah.

Dengan menyatakan tidak ada fakta dan bukti bahwa informasi dan segala hal yang dimiliki pengguna situsnya berhasil dicuri, menjadikan Facebook salah satu jejaring sosial yang aman untuk saat ini.

Memang tidak ada jaminan bahwa Facebook akan terus kuat terhadap serangan peretas sepanjang masa, namun situs jejaring sosial nomor satu ini berjanji untuk menjaga dan mengamankan semua data pribadi penggunanya dari segala ancaman.

PEMANFAATAN DAN PENGEMBANGAN MASA DEPAN

Facebook dapat dijadikan sebagai media pemanfaatan dan juga perkembangan dimasa depan, dalam pemanfaat, kita menggunakan facebook untuk kegiatan share, komunikasi, promosi, beriklan, pengembangan ilmu pengatahuan, serta  hiburan. Jika penggunaan tersebut masih digunakan dalam hal-hal yang positif, untuk pengembangan masa depan kita dapat menambah permainan yang bersifat edukasi pada facebook dan bisa juga tambahan tambahan fitur canggih yang bersifat hidup 3 Dimensi pada bagian wall dan permainannya.


Dalam perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi memberikan dampak positif dalam pengembangan bidang pendidikan yang lebih baik karena menyediakan media untuk proses belajar mengajar dalam mencapai tujuan pendidikan. Facebook sebagai produk teknologi informasi dan komunikasi dapat dioptimalkan untuk mendukung proses belajar mengajar sebagai salah satu media belajar dan mengajar. Fitur dan aplikasi di Facebook dapat dioptimalkan sebagai tambahan belajar mengajar dan media untuk memberikan bahan belajar dan latihan dalam bentuk kuis, permainan, dan sinkronisasi untuk weblog. Facebook memang memiliki dampak negatif bagi para remaja dan pelajar tetapi facebook juga memiliki manfaat bagi mereka yaitu sebagai media dalam pembelajaran sehingga ketika mereka mengakses facebook bukan hanya kenikmatan semata yang mereka dapatkan tetapi juga ilmu pengetahuan.




Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Facebook
http://ribunni.wordpress.com/2012/03/09/ulasan-tentang-facebook/
http://nurman-nurhakim.blogspot.com/2010/05/kelebihan-dan-kekurangan-facebook.html
http://www.merdeka.com/teknologi/untuk-sisi-keamanan-facebook-lebih-baik-dibanding-situs-lainnya.html