FACEBOOK
SEJARAH
Mark Zuckerberg menciptakan Facemash, pendahulu Facebook, tanggal 28
Oktober 2003 ketika berada di Harvard sebagai mahasiswa tahun kedua. Menurut
The Harvard Crimson, situs ini mirip dengan Hot or Not, dan menggunakan
"foto yang diperoleh dari Facebook (buku wajah) daring di sembilan asrama,
menempatkan dua foto berdampingan pada satu waktu dan meminta pengguna memilih
yang mana yang paling seksi".
Mark Zuckerberg membantu menciptakan Facebook di kamar asramanya di
Harvard.
Untuk menyelesaikannya, Zuckerberg meretas ke bagian jaringan komputer
Harvard yang dilindungi dan menyalin gambar-gambar ID pribadi asrama. Harvard
pada waktu itu tidak memiliki "buku wajah" (direktori berisi foto dan
informasi dasar) mahasiswa. Facemash menarik 450 pengunjung dan 22.000 tampilan
foto pada empat jam pertama mengudara.
Situs ini langsung diteruskan ke beberapa server grup kampus, namun
dimatikan beberapa hari kemudian oleh administrasi Harvard. Zuckerberg dihukum
karena menembus keamanan kampus, melanggar hak cipta, dan melanggar privasi
individu, dan terancam dikeluarkan. Namun, hukuman tersebut dibatalkan. Zuckerberg
memperluas proyek awalnya ini pada semester tersebut dengan membuat peralatan
studi sosial untuk menghadapi ujian final sejarah seni, dengan mengunggah 500 lukisan
Augusta ke situs webnya, dengan satu gambar per halaman disertai kotak
komentar. Ia membuka situs tersebut kepada teman sekelasnya, dan mereka mulai
saling berbagi catatan.
Pada semester berikutnya, Zuckerberg mulai menulis kode untuk situs web
baru pada Januari 2004. Ia terinspirasi, katanya, oleh editorial The Harvard
Crimson tentang insiden Facemash. Pada 4 Februari 2004, Zuckerberg meluncurkan
"The Facebook" yang awalnya berada di situs web TheFacebook.com.
Enam hari setelah situs ini diluncurkan, tiga senior Harvard, Cameron
Winklevoss, Tyler Winklevoss, dan Divya Narendra, menuduh Zuckerberg sengaja
mengalihkan mereka agar mereka percaya ia membantu mereka membuat jejaring
sosial bernama HarvardConnection.com, sementara ia menggunakan ide mereka untuk
membuat sebuah produk saingan. Ketiganya mengeluh kepada Harvard Crimson, dan
surat kabar ini memulai sebuah investigasi. Tiga senior tersebut mengajukan
tuntutan hukum terhadap Zuckerberg yang akhirnya diselesaikan.
Keanggotaan awalnya dibatasi kepada mahasiswa Harvard College saja, dan
pada bulan pertama, lebih dari setengah mahasiswa sarjana di Harvard terdaftar
di situs ini. Eduardo Saverin (pebisnis), Dustin Moskovitz (programer), Andrew
McCollum (seniman grafis), dan Chris Hughes segera bergabung dengan Zuckerberg
untuk membantu mempromosikan situs web ini. Bulan Maret 2004, Facebook
memperluas diri ke Stanford, Columbia, dan Yale. Situs ini kemudian dibuka ke
sekolah Ivy League lain, Universitas Boston, Universitas New York, MIT, dan
secara perlahan beberapa universitas di Kanada dan Amerika Serikat.
Facebook diinkorporasikan pada musim panas 2004, dan pengusaha Sean
Parker, yang sering memberi saran kepada Zuckerberg, diangkat sebagai presiden
perusahaan. Bulan Juni 2004, Facebook memindahkan pusat operasinya ke Palo
Alto, California. Perusahaan ini menerima investasi pertamanya pada bulan itu
dari pendiri pendamping PayPal, Peter Thiel. Perusahaan ini menghapus The dari
namanya setelah membeli nama ranah facebook.com pada tahun 2005 dengan nilai
$200.000.
Facebook meluncurkan versi sekolah menengah atas pada September 2005
yang dianggap Zuckerberg sebagai tahap logis selanjutnya. Pada waktu itu,
jaringan sekolah menengah membutuhkan undangan untuk bergabung. Facebook
kemudian memperluas persyaratan keanggotaannya kepada karyawan dari sejumlah
perusahaan, termasuk Apple Inc. dan Microsoft. Facebook kemudian dibuka tanggal
26 September 2006 kepada setiap orang yang berusia 13 tahun dan ke atas dengan
alamat surel yang sah.
Pada 24 Oktober 2007, Microsoft mengumumkan bahwa mereka telah membeli
1,6% saham Facebook senilai $240 juta, sehingga memberikan Facebook nilai
sebesar $15 milyar. Pembelian oleh Microsoft ini meliputi hak mereka untuk
menempatkan iklan internasional di Facebook. Bulan Oktober 2008, Facebook
mengumumkan bahwa mereka akan membuka kantor pusat internasional di Dublin,
Irlandia. Bulan September 2009, Facebook mengatakan bahwa mereka mengalami arus
kas positif untuk pertama kalinya. Bulan November 2010, menurut SecondMarket
Inc., sebuah bursa saham perusahaan swasta, nilai Facebook mencapai $41 milyar
(mengalahkan eBay secara tipis) dan menjadi perusahaan web terbesar ketiga di
AS setelah Google dan Amazon.[49] Facebook telah diincar sebagai kandidat
berpotensi untuk penawaran umum perdana pada 2013.
Lalu lintas ke Facebook meningkat stabil setelah 2009. Jumlah pengunjung
Facebook mengalahkan Google pada 13 Maret 2010. Pada bulan Maret 2011,
dilaporkan bahwa Facebook menghapus sekitar 20.000 profil dari situs ini setiap
hari atas berbagai macam alasan, termasuk spam, konten tidak pantas dan
pemakaian di bawah umur, sebagai bagian dari upayanya mendorong keamanan siber.
Pada awal 2011, Facebook mengumumkan rencananya untuk pindah ke kantor
barunya, bekas kampur Sun Microsystems di Menlo Park, California. Statistik
DoubleClick memperlihatkan bahwa Facebook meraih satu triliun tampilan halaman
pada bulan Juni 2011 dan menjadikannya situs web yang paling banyak dikunjungi
di dunia.
KONSEP
Facebook memiliki konsep sebagai media jejaring sosial dimana para
penggunanya dapat membuat profil diri mereka sendiri yang dilengkapi
foto/video, daftar ketertarikan pribadi, informasi kontak, dan informasi
pribadi lain (tanggal lahir, tempat tinggal, pendidikan, pekerjaan, hobi, dan
bisa mendeskripsikan tentang diri sendiri).
Para pengguna juga bisa menambah kenalan atau yang biasa kita sebut
dengan teman (fitur friends). Trend penggunaan facebook sebagai media jejaring
sosial tidak jauh-jauh dari mengekspresikan semua hal yang kita alami, dan
membagikannya dengan pengguna lain (yang disebut friends) melaui fitur update
status dan diketik di dalam kolom yang bertuliskan “what’s on your mind” yang
nantinya akan tampil pada home/timeline. Facebook juga dilengkapi fitur pesan pribadi (fitur message) atau umum (disebut dengan wall to wall) dan fitur obrolan (chating). Pengguna juga dapat membuat dan bergabung
dengan grup ketertarikan dan “halaman kesukaan” (dulu disebut “halaman
penggemar” hingga 19 April 2010).
TEKNOLOGI YANG
DIGUNAKAN FACEBOOK
Facebook menggunakan berbagai layanan, peralatan, dan bahasa pemrograman
untuk membuat infrastruktur inti. Pada ujung depan, server mereka menjalankan
LAMP (Linux, Apache, MySQL, dan PHP) stack dengan Memcache.
Linux & Apache
Linux adalah Unix seperti kernel sistem operasi komputer. Open source,
mudah disesuaikan, dan baik untuk keamanan. Facebook menjalankan sistem operasi
Linux di Apache HTTP Server. Apache juga open source gratis dan merupakan web server
yang paling populer di gunakan.
PHP
Facebook menggunakan PHP karena itu adalah bahasa pemrograman web yang
baik dengan dukungan luas dan komunitas pengembang yang aktif dan hal ini baik
untuk iterasi yang cepat. PHP adalah bahasa pemrograman script yang dinamis.
Memcache
Memcache adalah sistem caching memori yang digunakan untuk mempercepat
database website dinamis (seperti Facebook). Dengan caching data dan objek
dalam RAM untuk mengurangi waktu membaca. Memcache adalah media cache utama
Facebook membantu meringankan beban database.
Memiliki sistem caching memungkinkan Facebook untuk bisa sangat cepat
memanggil data Anda. Karena tidak harus pergi ke database, memcache hanya akan
mengambil data Anda dari cache berdasarkan ID pengguna Anda.
Menyadari bahwa ada kekurangan dalam menggunakan LAMP stack. Terutama,
PHP tidak selalu bisa dioptimalkan untuk website besar dan karena itu sulit
untuk skala. Juga, itu bukan bahasa tercepat untuk dijalankan. Dan kerangka
ekstensi sulit untuk digunakan.
Facebook telah tumbuh begitu cepat sehingga mereka sering dihadapkan
dengan isu-isu mengenai query database, caching, dan penyimpanan data. Database
mereka sangat besar dan sangat kompleks. Untuk menjelaskan hal ini, Facebook
telah mulai banyak proyek open source dan layanan backend.
Bagaimana Cara Kerja Back End
Backend layanan Facebook ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman yang
berbeda termasuk C + +, Java, Python, dan Erlang. Filosofi mereka untuk
penciptaan layanan adalah sebagai berikut:
1. Buat layanan jika diperlukan
2. Buat kerangka / toolset untuk menciptakan layanan dengan mudah
3. Gunakan bahasa pemrograman yang tepat untuk semua tugas
Daftar semua perkembangan open Facebook source dapat ditemukan di sini.
Saya akan membahas beberapa alat-alat penting yang telah dikembangkan Facebook.
Thrift (protokol)
Thrift adalah kerangka remote procedure call lintas bahasa. Thrift
mendukung C + +, PHP, Python, Perl, Java, Ruby, Erlang, dan lain-lain. Ini
cepat, menghemat waktu pengembangan, dan menyediakan pembagian tenaga kerja
bekerja pada server dan aplikasi dengan kinerja tinggi.
Scribe (log server)
Scribe adalah server untuk menggabungkan data log dialirkan secara
real-time dari server lain. Ini adalah kerangka kerja terukur berguna untuk menyimpan
log beragam data. Hal ini dibangun di atas Thrift.
Cassandra (database)
Cassandra adalah sistem manajemen database yang dirancang untuk
menangani sejumlah besar data yang tersebar pada banyak server. Ini kekuatan
fitur Kotak Pencarian Facebook dan menyediakan penyimpanan nilai kunci
terstruktur dengan sangat konsisten.
Hiphop untuk PHP
Hiphop untuk PHP adalah kode sumber transformator untuk kode script PHP
dan diciptakan untuk menghemat sumber daya server. Hiphop mengubah source code
PHP ke dioptimalkan C++. Setelah melakukan hal ini, menggunakan g++ untuk
mengkompilasi ke kode mesin.
Facebook Application
Aplikasi yang dijalankan diatas facebook platform, framework yang
memungkinkan pengembang program mengembangkan aplikasi yang berintraksi dengan
facebook dan data user.
ANALISIS KELEBIHAN DAN KEKURANGAN
KELEBIHAN FACEBOOK :
- Dapat berkomunikasi kembali dengan kerabat dan teman - teman lama.
- Group, group ini dapat kita buat sendiri sesuai dengan tujuan
orang-orangnya. Maksudnya semua yang memiliki facebook dapat membuat sebuah
group yang ditujukan kepada sebuah komunitas atau siapa saja yang
inginbergabung untuk mendapatkan informasi tentang group tersebut. Misalnya
saja seperti kelas yang memiliki sebuah group facebook, dalam group itu semua
mahasiswa yang tergabung bisa memberi/share info apa saja mengenai kelas
ataupun kampus.
- Notes & Tagging Notes, dalam notes kita bisa menuliskan apa saja
seperti menceritakan sesuatu, dan notes teersebut bisa kita tandai sama seperti
foto juga mengomentarinya.
- Chat, pada jejaring social sebelumnya (Friendster) tidak terdapat
aplikasi untuk chating (berinteraksi) melalui media text dengan teman yang juga
menjadi teman dalam account kita.
- Games, pada jejaaring social lain tidak disediakan aplikasi games
dengan menggunakan account kita, tapi dalam facebook kita dapat memainkan games
seperti poker (kartu), pet society, Farmville, mavia wars, dan lain-lain dengan
menggunakan account facebook kita.
- Comments, kita bisa mengomentari apa saja, entah itu status, foto,
wall, notes teman kita. Tagging photo, biasanya para pengguna suka meng-upload
berbagai fotonya ke dalam account mereka, sama halnya pada Friendster. Dalam
facebook, selain meng-upload foto untuk bisa diperlihatkan, kita juga bisa menandai
orang-orang yang ada dalam foto tersebut apabila orang tersebut menjadi teman
dalam account facebook kita.
- Update status, disini kita bisa menulis apa saja yang sedang kita
lakukan, kita rasakan, dimana keberadaan kita, bersama siapa, bahkan yang tidak
bisa kita ungkapkan pada orang lain.
KEKURANGAN FACEBOOK :
- Pemalsuan identitas
Sebuah account facebook bisa dipalsukan oleh orang lain dengan info/data
diri yang tidak benar sama sekali yang mungkin akan merugikan orang yang
accountnya dipalsukan.
- Adiktif
Facebook ini bisa menyita waktu sang pemilik account untuk terus
menggunakan (kasarnya memebuat para pengguna terbuai dan tidak peduli dengan
tugas/pekerjaannya, bagi para facebookers akut).
- Informasi yang tidak dibenarkan
Selain itu dari Facebook juga bisa menyebarkan berita yang tidak baik,
HOAX ataupun mengkomentari hal-hal yang berbau SARA, Pornografi, dll.
KEAMANAN
Pada bulan Januari lalu, Facebook dikabarkan berhasil tangkal serangan
peretas dan tidak ada data yang berhasil dicuri. Dengan keberhasilan tersebut,
dapat dikatakan bahwa tim IT Facebook lebih baik dari perusahaan sejenis lain.
Memang Facebook tidak menjelaskan secara langsung ketika mereka diserang
oleh peretas yang mencoba mencuri data dari database mereka. Namun akhirnya di
pertengahan Februari lalu, Facebook beritakan serangan tersebut ke publik.
Tech Crunch (16/02) melansir bahwa setelah terjadi serangan, Facebook
tidak terlihat panik atau melakukan tindakan berlebih. Hal tersebut dikarenakan
tim IT atau tim sekuritas yang dimiliki Facebook benar-benar berkualitas dan
dapat diandalkan.
Banyak langkah antisipasi yang dilakukan Facebook sebelum serangan
terjadi. Situs besutan Mark Zuckerberg ini juga dibantu oleh beberapa pakar IT
serta white hacker yang selalu memberitahukan letak celah keamanan yang dapat
ditembus dengan mudah.
Dengan menyatakan tidak ada fakta dan bukti bahwa informasi dan segala
hal yang dimiliki pengguna situsnya berhasil dicuri, menjadikan Facebook salah
satu jejaring sosial yang aman untuk saat ini.
Memang tidak ada jaminan bahwa Facebook akan terus kuat terhadap
serangan peretas sepanjang masa, namun situs jejaring sosial nomor satu ini
berjanji untuk menjaga dan mengamankan semua data pribadi penggunanya dari
segala ancaman.
PEMANFAATAN
DAN PENGEMBANGAN MASA DEPAN
Facebook dapat dijadikan sebagai media pemanfaatan dan juga perkembangan
dimasa depan, dalam pemanfaat, kita menggunakan facebook untuk kegiatan share,
komunikasi, promosi, beriklan, pengembangan ilmu pengatahuan, serta hiburan. Jika penggunaan tersebut masih
digunakan dalam hal-hal yang positif, untuk pengembangan masa depan kita dapat menambah
permainan yang bersifat edukasi pada facebook dan bisa juga tambahan tambahan
fitur canggih yang bersifat hidup 3 Dimensi pada bagian wall dan permainannya.
Dalam perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi memberikan
dampak positif dalam pengembangan bidang pendidikan yang lebih baik karena
menyediakan media untuk proses belajar mengajar dalam mencapai tujuan
pendidikan. Facebook sebagai produk teknologi informasi dan komunikasi dapat
dioptimalkan untuk mendukung proses belajar mengajar sebagai salah satu media
belajar dan mengajar. Fitur dan aplikasi di Facebook dapat dioptimalkan sebagai
tambahan belajar mengajar dan media untuk memberikan bahan belajar dan latihan
dalam bentuk kuis, permainan, dan sinkronisasi untuk weblog. Facebook memang
memiliki dampak negatif bagi para remaja dan pelajar tetapi facebook juga
memiliki manfaat bagi mereka yaitu sebagai media dalam pembelajaran sehingga
ketika mereka mengakses facebook bukan hanya kenikmatan semata yang mereka
dapatkan tetapi juga ilmu pengetahuan.
Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Facebook
http://ribunni.wordpress.com/2012/03/09/ulasan-tentang-facebook/
http://nurman-nurhakim.blogspot.com/2010/05/kelebihan-dan-kekurangan-facebook.html
http://www.merdeka.com/teknologi/untuk-sisi-keamanan-facebook-lebih-baik-dibanding-situs-lainnya.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar