25 April 2013

Facebook


FACEBOOK


SEJARAH

Mark Zuckerberg menciptakan Facemash, pendahulu Facebook, tanggal 28 Oktober 2003 ketika berada di Harvard sebagai mahasiswa tahun kedua. Menurut The Harvard Crimson, situs ini mirip dengan Hot or Not, dan menggunakan "foto yang diperoleh dari Facebook (buku wajah) daring di sembilan asrama, menempatkan dua foto berdampingan pada satu waktu dan meminta pengguna memilih yang mana yang paling seksi".

Mark Zuckerberg membantu menciptakan Facebook di kamar asramanya di Harvard.
Untuk menyelesaikannya, Zuckerberg meretas ke bagian jaringan komputer Harvard yang dilindungi dan menyalin gambar-gambar ID pribadi asrama. Harvard pada waktu itu tidak memiliki "buku wajah" (direktori berisi foto dan informasi dasar) mahasiswa. Facemash menarik 450 pengunjung dan 22.000 tampilan foto pada empat jam pertama mengudara.
Situs ini langsung diteruskan ke beberapa server grup kampus, namun dimatikan beberapa hari kemudian oleh administrasi Harvard. Zuckerberg dihukum karena menembus keamanan kampus, melanggar hak cipta, dan melanggar privasi individu, dan terancam dikeluarkan. Namun, hukuman tersebut dibatalkan. Zuckerberg memperluas proyek awalnya ini pada semester tersebut dengan membuat peralatan studi sosial untuk menghadapi ujian final sejarah seni, dengan mengunggah 500 lukisan Augusta ke situs webnya, dengan satu gambar per halaman disertai kotak komentar. Ia membuka situs tersebut kepada teman sekelasnya, dan mereka mulai saling berbagi catatan.

Pada semester berikutnya, Zuckerberg mulai menulis kode untuk situs web baru pada Januari 2004. Ia terinspirasi, katanya, oleh editorial The Harvard Crimson tentang insiden Facemash. Pada 4 Februari 2004, Zuckerberg meluncurkan "The Facebook" yang awalnya berada di situs web TheFacebook.com.
Enam hari setelah situs ini diluncurkan, tiga senior Harvard, Cameron Winklevoss, Tyler Winklevoss, dan Divya Narendra, menuduh Zuckerberg sengaja mengalihkan mereka agar mereka percaya ia membantu mereka membuat jejaring sosial bernama HarvardConnection.com, sementara ia menggunakan ide mereka untuk membuat sebuah produk saingan. Ketiganya mengeluh kepada Harvard Crimson, dan surat kabar ini memulai sebuah investigasi. Tiga senior tersebut mengajukan tuntutan hukum terhadap Zuckerberg yang akhirnya diselesaikan.

Keanggotaan awalnya dibatasi kepada mahasiswa Harvard College saja, dan pada bulan pertama, lebih dari setengah mahasiswa sarjana di Harvard terdaftar di situs ini. Eduardo Saverin (pebisnis), Dustin Moskovitz (programer), Andrew McCollum (seniman grafis), dan Chris Hughes segera bergabung dengan Zuckerberg untuk membantu mempromosikan situs web ini. Bulan Maret 2004, Facebook memperluas diri ke Stanford, Columbia, dan Yale. Situs ini kemudian dibuka ke sekolah Ivy League lain, Universitas Boston, Universitas New York, MIT, dan secara perlahan beberapa universitas di Kanada dan Amerika Serikat.

Facebook diinkorporasikan pada musim panas 2004, dan pengusaha Sean Parker, yang sering memberi saran kepada Zuckerberg, diangkat sebagai presiden perusahaan. Bulan Juni 2004, Facebook memindahkan pusat operasinya ke Palo Alto, California. Perusahaan ini menerima investasi pertamanya pada bulan itu dari pendiri pendamping PayPal, Peter Thiel. Perusahaan ini menghapus The dari namanya setelah membeli nama ranah facebook.com pada tahun 2005 dengan nilai $200.000.

Facebook meluncurkan versi sekolah menengah atas pada September 2005 yang dianggap Zuckerberg sebagai tahap logis selanjutnya. Pada waktu itu, jaringan sekolah menengah membutuhkan undangan untuk bergabung. Facebook kemudian memperluas persyaratan keanggotaannya kepada karyawan dari sejumlah perusahaan, termasuk Apple Inc. dan Microsoft. Facebook kemudian dibuka tanggal 26 September 2006 kepada setiap orang yang berusia 13 tahun dan ke atas dengan alamat surel yang sah.

Pada 24 Oktober 2007, Microsoft mengumumkan bahwa mereka telah membeli 1,6% saham Facebook senilai $240 juta, sehingga memberikan Facebook nilai sebesar $15 milyar. Pembelian oleh Microsoft ini meliputi hak mereka untuk menempatkan iklan internasional di Facebook. Bulan Oktober 2008, Facebook mengumumkan bahwa mereka akan membuka kantor pusat internasional di Dublin, Irlandia. Bulan September 2009, Facebook mengatakan bahwa mereka mengalami arus kas positif untuk pertama kalinya. Bulan November 2010, menurut SecondMarket Inc., sebuah bursa saham perusahaan swasta, nilai Facebook mencapai $41 milyar (mengalahkan eBay secara tipis) dan menjadi perusahaan web terbesar ketiga di AS setelah Google dan Amazon.[49] Facebook telah diincar sebagai kandidat berpotensi untuk penawaran umum perdana pada 2013.

Lalu lintas ke Facebook meningkat stabil setelah 2009. Jumlah pengunjung Facebook mengalahkan Google pada 13 Maret 2010. Pada bulan Maret 2011, dilaporkan bahwa Facebook menghapus sekitar 20.000 profil dari situs ini setiap hari atas berbagai macam alasan, termasuk spam, konten tidak pantas dan pemakaian di bawah umur, sebagai bagian dari upayanya mendorong keamanan siber.

Pada awal 2011, Facebook mengumumkan rencananya untuk pindah ke kantor barunya, bekas kampur Sun Microsystems di Menlo Park, California. Statistik DoubleClick memperlihatkan bahwa Facebook meraih satu triliun tampilan halaman pada bulan Juni 2011 dan menjadikannya situs web yang paling banyak dikunjungi di dunia.

KONSEP

Facebook memiliki konsep sebagai media jejaring sosial dimana para penggunanya dapat membuat profil diri mereka sendiri yang dilengkapi foto/video, daftar ketertarikan pribadi, informasi kontak, dan informasi pribadi lain (tanggal lahir, tempat tinggal, pendidikan, pekerjaan, hobi, dan bisa mendeskripsikan tentang diri sendiri).

Para pengguna juga bisa menambah kenalan atau yang biasa kita sebut dengan teman (fitur friends). Trend penggunaan facebook sebagai media jejaring sosial tidak jauh-jauh dari mengekspresikan semua hal yang kita alami, dan membagikannya dengan pengguna lain (yang disebut friends) melaui fitur update status dan diketik di dalam kolom yang bertuliskan “what’s on your mind” yang nantinya akan tampil pada home/timeline. Facebook juga dilengkapi  fitur pesan pribadi (fitur message)  atau umum (disebut dengan wall to wall)  dan fitur obrolan (chating).  Pengguna juga dapat membuat dan bergabung dengan grup ketertarikan dan “halaman kesukaan” (dulu disebut “halaman penggemar” hingga 19 April 2010).


TEKNOLOGI YANG DIGUNAKAN FACEBOOK

Facebook menggunakan berbagai layanan, peralatan, dan bahasa pemrograman untuk membuat infrastruktur inti. Pada ujung depan, server mereka menjalankan LAMP (Linux, Apache, MySQL, dan PHP) stack dengan Memcache.

Linux & Apache

Linux adalah Unix seperti kernel sistem operasi komputer. Open source, mudah disesuaikan, dan baik untuk keamanan. Facebook menjalankan sistem operasi Linux di Apache HTTP Server. Apache juga open source gratis dan merupakan web server yang paling populer di gunakan.

PHP

Facebook menggunakan PHP karena itu adalah bahasa pemrograman web yang baik dengan dukungan luas dan komunitas pengembang yang aktif dan hal ini baik untuk iterasi yang cepat. PHP adalah bahasa pemrograman script yang dinamis.
Memcache

Memcache adalah sistem caching memori yang digunakan untuk mempercepat database website dinamis (seperti Facebook). Dengan caching data dan objek dalam RAM untuk mengurangi waktu membaca. Memcache adalah media cache utama Facebook membantu meringankan beban database.

Memiliki sistem caching memungkinkan Facebook untuk bisa sangat cepat memanggil data Anda. Karena tidak harus pergi ke database, memcache hanya akan mengambil data Anda dari cache berdasarkan ID pengguna Anda.

Menyadari bahwa ada kekurangan dalam menggunakan LAMP stack. Terutama, PHP tidak selalu bisa dioptimalkan untuk website besar dan karena itu sulit untuk skala. Juga, itu bukan bahasa tercepat untuk dijalankan. Dan kerangka ekstensi sulit untuk digunakan.

Facebook telah tumbuh begitu cepat sehingga mereka sering dihadapkan dengan isu-isu mengenai query database, caching, dan penyimpanan data. Database mereka sangat besar dan sangat kompleks. Untuk menjelaskan hal ini, Facebook telah mulai banyak proyek open source dan layanan backend.

Bagaimana Cara Kerja Back End
         
Backend layanan Facebook ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman yang berbeda termasuk C + +, Java, Python, dan Erlang. Filosofi mereka untuk penciptaan layanan adalah sebagai berikut:

1. Buat layanan jika diperlukan

2. Buat kerangka / toolset untuk menciptakan layanan dengan mudah

3. Gunakan bahasa pemrograman yang tepat untuk semua tugas

Daftar semua perkembangan open Facebook source dapat ditemukan di sini. Saya akan membahas beberapa alat-alat penting yang telah dikembangkan Facebook.

Thrift (protokol)

Thrift adalah kerangka remote procedure call lintas bahasa. Thrift mendukung C + +, PHP, Python, Perl, Java, Ruby, Erlang, dan lain-lain. Ini cepat, menghemat waktu pengembangan, dan menyediakan pembagian tenaga kerja bekerja pada server dan aplikasi dengan kinerja tinggi.

Scribe (log server)

Scribe adalah server untuk menggabungkan data log dialirkan secara real-time dari server lain. Ini adalah kerangka kerja terukur berguna untuk menyimpan log beragam data. Hal ini dibangun di atas Thrift.

Cassandra (database)

Cassandra adalah sistem manajemen database yang dirancang untuk menangani sejumlah besar data yang tersebar pada banyak server. Ini kekuatan fitur Kotak Pencarian Facebook dan menyediakan penyimpanan nilai kunci terstruktur dengan sangat konsisten.

Hiphop untuk PHP

Hiphop untuk PHP adalah kode sumber transformator untuk kode script PHP dan diciptakan untuk menghemat sumber daya server. Hiphop mengubah source code PHP ke dioptimalkan C++. Setelah melakukan hal ini, menggunakan g++ untuk mengkompilasi ke kode mesin.

Facebook Application

Aplikasi yang dijalankan diatas facebook platform, framework yang memungkinkan pengembang program mengembangkan aplikasi yang berintraksi dengan facebook dan data user.

ANALISIS KELEBIHAN DAN KEKURANGAN

KELEBIHAN FACEBOOK :

- Dapat berkomunikasi kembali dengan kerabat dan teman - teman lama.

- Group, group ini dapat kita buat sendiri sesuai dengan tujuan orang-orangnya. Maksudnya semua yang memiliki facebook dapat membuat sebuah group yang ditujukan kepada sebuah komunitas atau siapa saja yang inginbergabung untuk mendapatkan informasi tentang group tersebut. Misalnya saja seperti kelas yang memiliki sebuah group facebook, dalam group itu semua mahasiswa yang tergabung bisa memberi/share info apa saja mengenai kelas ataupun kampus.

- Notes & Tagging Notes, dalam notes kita bisa menuliskan apa saja seperti menceritakan sesuatu, dan notes teersebut bisa kita tandai sama seperti foto juga mengomentarinya.

- Chat, pada jejaring social sebelumnya (Friendster) tidak terdapat aplikasi untuk chating (berinteraksi) melalui media text dengan teman yang juga menjadi teman dalam account kita.

- Games, pada jejaaring social lain tidak disediakan aplikasi games dengan menggunakan account kita, tapi dalam facebook kita dapat memainkan games seperti poker (kartu), pet society, Farmville, mavia wars, dan lain-lain dengan menggunakan account facebook kita.

- Comments, kita bisa mengomentari apa saja, entah itu status, foto, wall, notes teman kita. Tagging photo, biasanya para pengguna suka meng-upload berbagai fotonya ke dalam account mereka, sama halnya pada Friendster. Dalam facebook, selain meng-upload foto untuk bisa diperlihatkan, kita juga bisa menandai orang-orang yang ada dalam foto tersebut apabila orang tersebut menjadi teman dalam account facebook kita.

- Update status, disini kita bisa menulis apa saja yang sedang kita lakukan, kita rasakan, dimana keberadaan kita, bersama siapa, bahkan yang tidak bisa kita ungkapkan pada orang lain.

KEKURANGAN FACEBOOK :

- Pemalsuan identitas
Sebuah account facebook bisa dipalsukan oleh orang lain dengan info/data diri yang tidak benar sama sekali yang mungkin akan merugikan orang yang accountnya dipalsukan.

- Adiktif
Facebook ini bisa menyita waktu sang pemilik account untuk terus menggunakan (kasarnya memebuat para pengguna terbuai dan tidak peduli dengan tugas/pekerjaannya, bagi para facebookers akut).

- Informasi yang tidak dibenarkan
Selain itu dari Facebook juga bisa menyebarkan berita yang tidak baik, HOAX ataupun mengkomentari hal-hal yang berbau SARA, Pornografi, dll.

KEAMANAN

Pada bulan Januari lalu, Facebook dikabarkan berhasil tangkal serangan peretas dan tidak ada data yang berhasil dicuri. Dengan keberhasilan tersebut, dapat dikatakan bahwa tim IT Facebook lebih baik dari perusahaan sejenis lain.

Memang Facebook tidak menjelaskan secara langsung ketika mereka diserang oleh peretas yang mencoba mencuri data dari database mereka. Namun akhirnya di pertengahan Februari lalu, Facebook beritakan serangan tersebut ke publik.

Tech Crunch (16/02) melansir bahwa setelah terjadi serangan, Facebook tidak terlihat panik atau melakukan tindakan berlebih. Hal tersebut dikarenakan tim IT atau tim sekuritas yang dimiliki Facebook benar-benar berkualitas dan dapat diandalkan.

Banyak langkah antisipasi yang dilakukan Facebook sebelum serangan terjadi. Situs besutan Mark Zuckerberg ini juga dibantu oleh beberapa pakar IT serta white hacker yang selalu memberitahukan letak celah keamanan yang dapat ditembus dengan mudah.

Dengan menyatakan tidak ada fakta dan bukti bahwa informasi dan segala hal yang dimiliki pengguna situsnya berhasil dicuri, menjadikan Facebook salah satu jejaring sosial yang aman untuk saat ini.

Memang tidak ada jaminan bahwa Facebook akan terus kuat terhadap serangan peretas sepanjang masa, namun situs jejaring sosial nomor satu ini berjanji untuk menjaga dan mengamankan semua data pribadi penggunanya dari segala ancaman.

PEMANFAATAN DAN PENGEMBANGAN MASA DEPAN

Facebook dapat dijadikan sebagai media pemanfaatan dan juga perkembangan dimasa depan, dalam pemanfaat, kita menggunakan facebook untuk kegiatan share, komunikasi, promosi, beriklan, pengembangan ilmu pengatahuan, serta  hiburan. Jika penggunaan tersebut masih digunakan dalam hal-hal yang positif, untuk pengembangan masa depan kita dapat menambah permainan yang bersifat edukasi pada facebook dan bisa juga tambahan tambahan fitur canggih yang bersifat hidup 3 Dimensi pada bagian wall dan permainannya.


Dalam perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi memberikan dampak positif dalam pengembangan bidang pendidikan yang lebih baik karena menyediakan media untuk proses belajar mengajar dalam mencapai tujuan pendidikan. Facebook sebagai produk teknologi informasi dan komunikasi dapat dioptimalkan untuk mendukung proses belajar mengajar sebagai salah satu media belajar dan mengajar. Fitur dan aplikasi di Facebook dapat dioptimalkan sebagai tambahan belajar mengajar dan media untuk memberikan bahan belajar dan latihan dalam bentuk kuis, permainan, dan sinkronisasi untuk weblog. Facebook memang memiliki dampak negatif bagi para remaja dan pelajar tetapi facebook juga memiliki manfaat bagi mereka yaitu sebagai media dalam pembelajaran sehingga ketika mereka mengakses facebook bukan hanya kenikmatan semata yang mereka dapatkan tetapi juga ilmu pengetahuan.




Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Facebook
http://ribunni.wordpress.com/2012/03/09/ulasan-tentang-facebook/
http://nurman-nurhakim.blogspot.com/2010/05/kelebihan-dan-kekurangan-facebook.html
http://www.merdeka.com/teknologi/untuk-sisi-keamanan-facebook-lebih-baik-dibanding-situs-lainnya.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar