01 Mei 2013

MENCEGAH VIRUS MENYERANG KOMPUTER

Salah satu penyebab hilangnya data atau melambatnya komputer adalah serangan virus. Bila ini terjadi, anda akan dibuat pusing, bahkan akan mengurangi semangat kerja dengan komputer. Oleh karena itu, peranan antivirus merupakan salah satu pilihan. Beberapa upaya yang dapat anda lakukan untuk menjaga komputer anda dari ancaman virus yaitu sebagai berikut :

ü  Pastikan anda telah menggunakan antivirus pada komputer. Misalnya : Smadav, Kaspersky, Avira, Norton Antivirus, McAfee, AVG dan lain-lain.
ü  Update antivirus secara teratur.
ü  Jangan mendownload sembarang software gratis dari internet. Jika anda harus mendownload, pastikan sebelum menggunakan file hasil download tersebut anda scan terlebih dahulu.
ü  Selalu men-scan sebelum membuka media bergerak seperti CD/DVD, Flashdisk, ataupun Harddisk eksternal.
ü  Lakukan scan hardisk secara berkala sehingga komputer anda terpantau. Apabila terserang virus anda bisa mengatasinya lebih cepat.
ü  Gunakan Flashdisk yang memiliki fasilitas proteksi. Pastikan Flashdisk anda terproteksi jika setiap kali memasukan Flashdisk ke komputer.
ü  Hindari membuka email yang tidak jelas pengirimnya, lebih-lebih mendownload attachment karena belakangan ini banyak worm atau virus yang mengirimkan copy dirinya dalam bentuk attachment email.
ü  Buatlah backup data dan email secara rutin, misalnya seminggu sekali agar terlindung dari kemungkinan hilangnya data.
ü  Sebaiknya jangan menggunakan Hide extensions for known file types dalam folder option karena banyak virus yang memanfaatkan fitur ini. Jika diaktifkan semua ekstensi file yang terdapat dalam windows tidak akan ditampilkan, termasuk file .EXE. virus biasanya menyamar sebagai file tersebut dengan member icon yang mirip folder windows sehingga user mengiranya sebagai folder biasa padahal file yang mengandung virus.
ü  Sebaiknya aktifkan pilihan remember each folders view settings sehingga setiap folder memiliki setting sendiri-sendiri. Jika tidak aktif, semua folder akan menggunakan setting terakhir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar