02 April 2013

TULISAN - MENGATASI RASA MALAS


Nama  :  Herio Susanto
NPM    :  53411335
Kelas    :  2 IA 01

MENGATASI RASA MALAS

                                  

            Apa alasan yang membuat kita selalu menunda-nunda sesuatu? Rasa 'MALAS'? Mungkin itu salah satu alasan kuat atau penyebab utama kita selalu menunda pekerjaan yang penting. Rasa malas ini memang tidak muda   h diselesaikan dan saya akui itu, karena setiap orang pasti pernah mengalami atau bahkan sering mengalami yang namanya rasa malas.
Lalu bagaimana? Apakah kita akan selalu bergelut dengan rasa malas? MUNGKIN, karena rasa malas akan selalu datang selama hidup kita. Tapi sekarang pertanyaannya, apakah kita akan selalu 'dibantai' dengan sikap malas?
           
            Malas itu sendiri merupakan sebuah akibat dimana sikap yang membuat seseorang menghindar dari suatu tindakan atau kewajiban. Lalu bagaimana menghentikan penjajahan dari rasa malas? Hal yang pertama harus kita pahami adalah bagaimana rasa malas itu datang, cari -          penyebab kita malas. Banyak hal - hal yang menyebabkan orang malas, contohnya pesimis, bosan dengan suatu hal, mengantuk, sudah pernah mencoba, bahkan perasaan takut gagal pun dapat menjadikan penyebab rasa malas dan masih banyak lagi.

            Setelah mengetahui sumber rasa malas, baru lah kita mengatasi penyebab rasa malas tersebut. Mulai lah dari hal-hal yang sederhana, dengan menghindari penyebab rasa malas itu datang. Contohnya jika kita malas akibat mengantuk, maka solusi yang menurut saya paling baik yaitu dengan cara membuat rasa kantuk tersebut hilang, istirahat atau tidur yang cukup atau bisa dengan cara meminum kopi (untuk yang ini saya tidak terlalu menganjurkan).
           
            Bisa jadi rasa malas kita timbul akibat pesimis. Belum melakukan apa-apa sudah berprasangka negatif atau merasa percuma melakukan hal tersebut. Tumbuhkanlah semangat pantang menyerah, jadilah pribadi yang bersikap berani gagal, karena bisa jadi jarak antara kegagalan dan keberhasilan sangatlah dekat, tapi karena kita tidak tahu betapa dekatnya kita dengan keberhasilan, kita malah berhenti untuk mencoba.
           
            Itulah beberapa contoh dari penyebab rasa malas, dan masih banyak lagi jenis - jenisnya. Jadi, amati dan cari tahu penyebab rasa malas itu datang, lalu atasi dan upayakan untuk menjauhi penyebab - penyebab rasa malas itu datang, selain itu selalu berdo'a kepada Tuhan agar diberikan yang terbaik didalam kehidupan kita.
:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar