03 April 2012

BAB 4 - MANUSIA DAN KEINDAHAN


Nama : Herio Susanto
NPM   : 53411335
Kelas  : 1 IA 07

TEORI TENTANG DEFINISI KEINDAHAN

 Keindahan
          Kata keindahan berasal dari kata indah, artinya bagus, permai, cantik, elok, molek dan sebagainya. Keidahan identik dengan kebenaran. Keindahan kebenaran dan kebenaran adalah keindahan. Keduanya mempunyai nilai yang sama yaitu abadi, dan mempunyai daya tarik yang selalu bertambah. Yang tidak mengandung kebenaran berarti tidak indah. Keindahan juga bersifat universal, artinya tidak terikat oleh selera perseorangan, waktu dan tempat, kedaerahan, selera mode, kedaerahan atau lokal.

Apakah keindahan Itu ?
          Sebenarnya sulit bagi kita untuk menyatakan apakah keindahan itu. Keindahan itu suatu konsep abstrak yang tidak dapat dinikmati karena tidak jelas. Keindahan itu baru jelas jika telah dihubungkan dengan sesuatu yang berwujud atau suatu karya. Dengan kata lain keindahan itu baru dapat dinikmati jika dihubungkan dengan suatu bentuk. Dengan bentuk itu keindahan berkomunikasi
         
          Menurut cakupannya orang harus membedakan keindahan sebagai suatu kualitas abstrak dan sebagai sebuah benda tertentu yang indah. Untuk pembedaan itu dalam bahasa Inggris sering dipergunakan istilah “beauty” (keindahan) dan “the beautiful” (benda atau hal indah). Dalam pembatasan filsafat, kedua pengertian ini kadang-kadang dicampuradukkan saja. Disamping itu terdapat pula perbedaan menurut luasnya pengertian; yakni

a. keindahan dalam arti luas
b. keindahan dalam arti estetis murni
c. keindahan dalam arti terbatas dalam pengertiannya dengan penglihatan

          Keindahan alam arti luas merupakan pengertian semula dari bangsa Yunani dulu yang didalamnya tercakup pula kebaikan. Plato misalnya menyebut tentang watak yang indah dan hukum yang indah, sedang Aristoteles merumuskan keindahan sebagai sesuatu yang selain baik juga menyenangkan. Plotinus menulis tentang ilmu yang indah, kebajikan yang indah. Orang Yunani dulu berbicara juga tentang buah pikiran yang indah dan adapt kebiasaan yang indah. Tapi bangsa Yunani juga mengenal keindahan dalam arti estetis yang disebutnya “symetria” untuk keindahan berdasarkan penglihatan dan harmonia untuk keindahan berdasarkan pendengaran. Jadi pengertian keindahan seluas-luasnya meliputi : keindahan seni, keindahan alam, keindahan moral dan keindahan intelektual.

          Keindahan dalam arti estetik murni menyangkut pengalaman estetis dari seseorang dalam hubungannya dengan segala sesuatu yang dicerapnya. Sedang keindahan dalam arti terbatas lebih disempitkan sehingga hanya menyangkut benda-benda yang dicerapnya dengan penglihatan, yakni berupa keindahan dari bentuk dan warna.

       Keindahan atau keelokan merupakan sifat dan ciri dari orang, hewan, tempat, objek, atau gagasan yang memberikan pengalaman persepsi kesenangan, bermakna, atau kepuasan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, keindahan diartikan sebagai keadaan yang enak dipandang, cantik, bagus benar atau elok. Keindahan dipelajari sebagai bagian dari estetika, sosiologi, psikologi sosial, dan budaya. Sebuah "kecantikan yang ideal" adalah sebuah entitas yang dikagumi, atau memiliki fitur yang dikaitkan dengan keindahan dalam suatu budaya tertentu, untuk kesempurnaannya.

          Pengalaman "keindahan" sering melibatkan penafsiran beberapa entitas yang seimbang dan selaras dengan alam, yang dapat menyebabkan perasaan daya tarik dan ketenteraman emosional. Karena ini adalah pengalaman subyektif, sering dikatakan bahwa beauty is in the eye of the beholder atau "keindahan itu berada pada mata yang melihatnya.""[1]

          Kata benda Yunani klasik untuk "keindahan " adalah κάλλος, kallos, dan kata sifat untuk "indah" itu καλός, kalos. Kata bahasa Yunani Koine untuk indah itu ραος, hōraios, [2] kata sifat etimologis berasal dari kata ρα, hora, yang berarti "jam." Dalam bahasa Yunani Koine, keindahan demikian dikaitkan dengan "berada di jam (waktu) yang sepatutnya."[3]

          Sebuah buah yang matang (pada waktunya) dianggap indah, sedangkan seorang wanita muda mencoba untuk tampil lebih tua atau seorang wanita tua mencoba untuk tampil lebih muda tidak akan dianggap cantik. Dalam bahasa Yunani Attic, hōraios memiliki banyak makna, termasuk "muda" dan "usia matang."[3]

ARTIKEL TENTANG KEINDAHAN

 


PENDAPAT

          Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan wisata alam yang sangat indah dan menakjubkan. Indonesia memiliki banyak destinasi alam yang indah dan meilmpah, banyak tempat - tempat wisata yang dapat dikunjungi dan sangat beragam ciri khasnya dari masing - masing tempat, salah satunya adalah Gili Trawangan yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

          Gili Trawangan merupakan salah satu objek wisata yang terkenal hingga ke mancanegara, walaupun belum se-popular Bali. Meskipun demikian, keindahan alam di Gili Trawangan tidak kalah menarik dengan pulau Dewata tersebut. Di Gili Trawangan, para wisatawan dapat menjelajahi keindahan alam disana serta mengenal kebudayaan di daerah setempat, bagaimana tradisi masyarakat dan pola hidup mereka disana. Banyak hal yang bisa didapatkan, selain berwisata, para wisatawan juga dapat belajar nilai - nilai budaya yang masih sangat kental dengan tradisi mereka.
         
          Indonesia sangat kaya akan keindahan panorama alamnya serta keaneka ragaman suku dan budayanya. Akan tetapi, banyak dari masyarakat Indonesia kurang peduli akan hal itu. Padahal jika kesadaran dari masyarakat Indonesia tinggi akan keindahan alam yang dimiliki Indonesia, bukan hal yang mustahil Indonesia menjadi salah satu negara favorit para wisatawan asing maupun domestik. Banyak dari kita kurang melestarikan alam di Indonesia salah satunya dengan menangkap ikan di laut dengan cara pengeboman, yang merusak ekosistem laut, tidak hanya ikan, bahkan terumbu karang pun menjadi korban yang akibatnya laut - laut di Indonesia rusak akibat tangan tangan jahil oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut.

         
          Oleh karena itu, marilah kita lestarikan lingkungan hidup di Indonesia agar keindahan alam negara ini tetap terjaga hingga ke generasi - generasi selanjutnya. Kita jadikan Indonesia sebagai bangsa dan negara yang terkenal akan keindahan alamnya serta keaneka-ragaman budayanya.


Sumber:
-http://gayahidup.liputan6.com/read/359353/gili-trawangan-pulau-sejuta-pesona
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar