28 Juni 2012

BAB 9 - MANUSIA DAN HARAPAN


Nama  : Herio Susanto
NPM    : 53411335
Kelas   : 1 IA 07

TEORI TENTANG DEFINISI HARAPAN

 PENGERTIAN HARAPAN

             Setiap manusia mempunyai harapan. Manusia yang tanpa harapan berarti manusia itu mati dalam hidup. Orang yang akan meninggal sekalipun mempunyai harapan, biasanya berupa pesan-pesan kepada ahli warisnya. Harapan bergantung paa pengetahuan, pengalaman, lingkungan hidup dan kemampuan masing-masing. Berhasil atau tidaknya suatu harapan tergantung pada usaha orang yang mempunyai harapan. Harapan harus berdasarkan kepercayaan, baik kepercayaan pada diri sendiri, maupun kepercayaan kepada Tuhan yang maha esa. Agar harapan terwujud, maka perlu usaha dengan sungguh-sungguh. Bila dibandingkan dengan cita-cita, maka harapan mengandung pengertian tidak terlalu muluk, sedangkan cita-cita pada umumnya perlu setinggi bintar. Antara harapan dan cita-cita terdapat persamaan yaitu : keduanya menyangkut masa depan karena belum terwujud, pada umumnya dengan cita-cita maupun harapan orang menginginkan hal yang lebih baik atau meningkat.

            Menurut kodratnya manusia itu adalah mahluk sosial. Setiap lahir ke dunia langsung disambut dalam suatu pergaulan hidup, yakni ditengah suatu keluarga dan anggota masyarakat lainnya. Ada dua hal yang mendorong manusia hidup dalam pergaulan manusia lain yaitu dorongan kodrat dan dorongan kebutuhan hidup.

            Menurut Maslow sesuai dengan kodrat dan dorongan kebutuhan hidup itu maka manusia mempunyai harapan. Pada hakekatnya harapan itu adalah keinginan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sesuai dengan kodratnya harapan manusia atau kebutuhan manusia itu adalah :
1. kelangsugnan hidup
2. keamanan
3. hak dan kewajiban mencintai dan dicintai
4. diakui lingkungan
5. perwujudan cita-cita


 

 

ARTIKEL TENTANG HARAPAN

Pemulangan TKI di Suriah Terus Diupayakan

 
Riski Adam
15/06/2012 11:11
Liputan6.com, Jakarta: Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar menjelaskan, saat ini pemerintah tengah serius mengantisipasi gejolak politik di Suriah, lantaran masih ada TKI yang berada di Suriah. Pemerintah juga berjanji akan memulangkan semua TKI di Suriah.

Muhaimin mengatakan, sebelumnya dirinya telah melarang kepada PJTKI untuk mengirimkan TKI ke negara yang sedang konflik tersebut sejak April tahun lalu.

"Sejak April tahun lalu sudah saya tegaskan bahwa TKI dilarang bekerja ke Suriah. Saya berlakukan larangan seketat-ketatnya. Kalau masih ada yang bandel memang sudah kebangetan," kata Muhaimin kepada wartawan, Kamis (14/6) malam.

Perang saudara yang melanda Suriah mengakibatkan jatuhnya korban pada kedua belah pihak. Kekerasan, menurut Muhaimin, mengancam TKI yang bekerja di negara tersebut. Beberapa waktu yang lalu diberitakan terdapat dua TKI yaitu Ani dan Aminah menjadi korban tewas. Namun KBRI di Damaskus sudah membantahnya, bahkan Aminah diberitakan selamat.

"Saya berharap, masukan-masukan dari masyarakat mengenai TKI yang bekerja di Suriah disampaikan langsung kepada pemerintah melalui Kemenakertrans atau Kemlu. Jangan menyampaikan kepada publik hal-hal yang belum bisa dikonfirmasikan seperti TKI tewas. Bisa membingungkan masyarakat. Berikan waktu kami bekerja keras menyelamatkan seluruh TKI yang bekerja disana," harapnya.

Sementara itu, keberadaan salah seorang TKI bernama Sunarti binti Sarya yang diberitakan sedang menunggu evakuasi, saat ini sedang dicek KBRI di Damaskus. Lantaran dalam kondisi konflik, pengecekan dan proses evakuasi memerlukan lebih banyak waktu.

"Kita tidak akan membiarkan apakah itu Sunarti atau TKI yang lain menjadi korban. Pemerintah akan sekuat tenaga memulangkan seluruh TKI. Sejauh ini sudah 233 orang TKI yang dipulangkan dan masih akan terus bertambah," ujar Muhaimin.

Selain itu, pemerintah juga meminta seluruh perusahaan pengerah jasa Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dan perusahaan jasa asuransi TKI untuk bekerja lebih keras dalam memulangkan TKI dari Suriah dan memenuhi kewajibannya untuk memberikan hak-hak mereka yang tidak bisa bekerja secara penuh akibat perang saudara.

"PJTKI harus lebih aktif menghubungi keluarga yang bersangkutan dan menyampaikan perkembangan setiap saat. Sementara jasa asuransi harus siap dengan segala kemungkinan, siapa tahu ada yang membutuhkan perawatan segera. Hak TKI harus didahulukan," pungkas Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.(MEL)


PENDAPAT

            Harapan merupakan suatu keinginan atau cita - cita yang menjadikan kehidupan menjadi lebih bermakna dari waktu ke waktu. Manusia tanpa harapan adalah manusia yang mati sebelum waktu-nya. Bisa jadi, karena harapan adalah sesuatu yang hendak dicapai dan terpampang di benak kita. Hampir sama dengan visi walau dalam spektrum sederhana, harapan merupakan ciptaan yang kita buat sebagai sesuatu yang hendak kita raih. Jadi hidup tanpa harapan adalah hidup tanpa visi dan tujuan.

            Maka bila manusia yang hidup tanpa harapan pada hakekatnya dia sudah mati. Harapan bukanlah sesuatu yang terucap dimulut saja tetapi juga diimbangi dengan usaha. Dia adalah keinginan batin untuk membuat sebuah rencana, aksi, peristiwa, atau sesuatu menjadi lebih baik. Sederhananya, harapan membuat kita berpikir untuk melakukan sesuatu yang lebih baik untuk meraih sesuatu yang diinginkan. Harapan dan rasa optimis juga memberikan kita kekuatan untuk melawan setiap rintangan. Seolah - olah kita selalu mendapatkan jalan keluar untuk setiap masalah. Seolah kita punya kekuatan yang lebih untuk siap menghadapi resiko. Ini kita sebut sebagai perlawanan. Orang yang hidup tanpa optimisme dan cenderung pasrah pada realita maka dia akan bersikap pasif.

            Bermacam - macam masalah akan datang terus - menerus tiada habisnya, rintangan selalu ada di setiap jalan yang kita tempuh, ketika perjalanan masih begitu jauh untuk kita lalui. Dalam keadaan seperti itu, tak sedikit dari kita yang kemudian menyerah, tak berani lagi berharap dan pasrah dengan keadaan yang ada. Harapan itu abstrak, yang hanya terdapat dalam pikiran dan hati kita masing-masing. Namun meskipun abstrak, harapan itu merupakan energi untuk semangat hidup kita. Orang yang putus harapan, maka semangatnya pun akan melemah dan tentunya hal itu akan berpengaruh dalam segala aktivitas yang dia kerjakan.

            Dari artikel diatas, keluarga para TKI yang bekerja di Suriah sangat berharap keluarganya yang bekerja disana dapat pulang dengan selamat. Dari keadaan negara tersebut yang sedang bergejolak dikarenakan perang saudara, banyak dari kedua belah pihak yang menjadi korban dan tidak menutup kemungkinan para TKI pun dapat terkena imbasnya. Oleh karena itu, para kerluarga korban sangat berharap agar pemerintah Indoesia dapat memulangkan para TKI yang sedang bekerja di negara tersebut.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar