18 Maret 2012

BAB 2 - MANUSIA DAN CINTA KASIH


Nama  : Herio Susanto
NPM    : 53411335
Kelas    : 1 IA 07


Teori Tentang Definisi Kasih Sayang:
            
                 
                  Kasih sayang atau dikenal juga sebagai (Afeksi istilah psikologi dalam bahasa Inggris Affection) secara harfiah adalah semacam status kejiwaan yang disebabkan oleh pengaruh eksternal.
Istilah ini dalam bahasa Inggris sering digunakan untuk menjelaskan hubungan antara dua orang (atau lebih) yang lebih dari sekedar rasa simpati atau persahabatan.

            Kasih sayang menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia karangan W.J.S. Purwodarminto, diartikan dengan perasaan sayang, perasaan cinta atau perasan suka kepada seseorang. Arti dari kasih sayang sendiri sangat luas, ada yang mengartikan bahwa kasih sayang adalah suatu yang indah, suci, dan didambakan oleh setiap orang. Unsur utama suatu kasih sayang antara lain adanya tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran saling percaya saling terbuka. Menurut Djoko widagdho, IBD,1988.hal 45-47, unsur – unsur tersebut menyebabkan adanya suatu ikatan kesatuan yang bulat dan utuh, sehingga bila salah satu unsur kasih sayang hilang maka retaklah keutuhan cinta karena kasih sayang merupakan pertumbuhan dari cinta.
            Kasih sayang pasti pernah didapat setiap orang sejak dia lahir, bahkan mulai saat masih berada dalam kandungan yaitu kasih sayang orang tua khususnya ibu. Selain itu, masih banyak bentuk kasih sayang yang berada pada sekitar kita, seperti kasih sayang terhadap Tuhan, kasih sayang keluarga, kasih sayang dengan pasangan dan kasih sayang dengan sesama makhluk. Bentuk – bentuk kasih sayang tersebut memunculkan beberapa bentuk perlilaku,yaitu :
  1. Kemesraan
            Kemesraan merupakan perwujudan kasih yang telah dalam, sebuah perasaan simpati yang akrab, atau merupakan hubungan akrab antara pria dan wanita yang sedang dimabuk asmara maupun yang sudah berumah tangga. Menurut Djoko widagdho, IBD,1988 hal 48-49, kemesraan dapat menimbulkan daya kreativitas manusia, sehingga manusia dapat menciptakan berbagai bentuk seni sesuai dengan kemampuan dan bakatnya.
2.   Pemujaan.
            Pemujaan adalah perwujudan cinta manusia kepada Tuhan hal ini tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, karena pemuja terhadap Tuhan adalah inti nilai dan makna kehidupan yang sebenarnya. Menurut Drs. Suyadi M.P, dalam kehidupan manusia terdapat berbagai macam cara pemujaan sesuai dengan agama, kondisi , kepercayaan, dan situasi.akan tetapi sebenarnya pemujaan itu sebenarnya karena manusia ingin berkomunikasi dengan Tuhannya.
Sumber: -http://id.wikipedia.org/wiki/Afeksi
              - http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/04/kasih-sayang-5/





Artikel Tentang Kasih Sayang :

Sabar & Ikhlas Dalam Kasih Sayang
di 17:14
Diposkan oleh Rizal B Kurniawan 
 
Kasih sayang adalah sebuah perasaan yang indah yang tulus hadir dari dalam hati dan mengandung sebuah keinginan untuk memberi, mengasihi, menyayangi dan membahagiakan. Kasih sayang dapat diberikan kepada siapa saja yang kita kasihi seperti pasangan, orang tua, saudara, sahabat, dan lain-lain. Kasih sayang akan muncul ketika ada perasaan simpatik dan iba dari dalam hati kepada seseorang yang dikasihi, namun kemunculan kasih sayang sangat alamiah dan tidak bisa dibuat-buat atau direkayasa.

Kasih sayang yang suci adalah ketika kasih sayang tersebut dibalut oleh kesabaran dan keikhlasan. Kesabaran untuk memahami dan mengerti apa yang diinginkan orang yang kita kasihi, dengan tidak memaksakan kehendak adalah salah satu contoh kasih sayang yang dipenuhi kesabaran. Keikhlasan untuk memberi kasih sayang dan tidak berharap kembali (pamrih) bahkan tidak berharap untuk diapresiasi adalah salah satu bentuk kasih sayang yang dibalut oleh keikhlasan.

Setiap orang pasti memiliki pendapat dan keinginan masing-masing yang bisa saja berbeda, sama dengan keinginan kita dan keinginan orang yang kita kasihi. Jika tidak ada kesabaran dalam kasih sayang maka akan terjadi perbedaan pendapat yang mungkin akan menimbulkan perselisihan, dan mungkin saja kita akan memaksakan kehendak agar orang yang kita kasihi mengerti dan memahami kita, padahal dalam kasih sayang tidak ada pemaksaan dan tidak memaksa, maka dari itu tumbuhkanlah kesabaran untuk memahami dan kemudian berilah kasih sayang yang tulus agar orang yang kita kasihi mengerti sehingga tercipta sebuah kasih sayang yang manis dan indah dalam satu pemahaman yang sama.

Kemudian lengkapilah kasih sayang tersebut dengan keikhlasan, karena keikhlasan akan tetap memberi kekuatan kepada kasih sayang, ketika kasih sayang yang kita berikan tidak di hargai atau diapresiasi. Ikhlaskan hati kita dan tetap sucikan kasih sayang kita, kemudian pahami bahwa kasih sayang adalah memberi bukan menerima, dan pasti orang yang kita kasihi akan merasakan kualitas kasih sayang kita yang hebat, yang dipenuhi dengan keikhlasan dan yang tak pernah berharap untuk dihargai, dipuji, atau dibalas.
Sumber : http://rizalbkurniawan.blogspot.com/2012/02/sabar-ikhlas-dalam-kasih-sayang.html

 




PENDAPAT :
           
            Kita sebagai warga negara yang baik sudah seharusya untuk terus memupuk rasa kasih sayang terhadap orang lain tanpa membedakan saudara , suku, ras, golongan, warna kulit, kedudukan sosial, jenis kelamin, dan tua atau muda. Sebelum kita memberi kasih sayang kepada orang lain, sayangilah diri anda sendiri terlebih dahulu dengan mencerminkan akhlak dan moral yang baik.
Kasih sayang ini sadar atau tidak, menuntut tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran, saling percaya, saling pengertian, saling terbuka masing-masing pihak sehingga antar keduannya merupakan kesatuan yang bulat dan utuh.

            Makna kasih yang sesungguhnya itu bagaimana kita memberi yang terbaik buat orang lain, baik itu membahagiakan, tidak merebut kebahagiaan orang lain dan membuka pintu hati untuk sebuah kasih. Kasih adalah suatu perasaan, tetapi kasih ini beda dengan CINTA, kasih lebih bersifat rasa kepedulian seorang insan tanpa ingin meminta imbalan atas apa yang telah dilakukan untuk yang dikasihinya.

            Manifestasi dari kasih sayang dan cinta dapat menciptakan lingkungan yang tenteram. Karena setiap individu menyadari makna yang paling hakiki dari rasa kasih sayang dan cinta. Dengan kasih sayang kita akan selalu menghargai karya orang lain.

                Kasih sayang orang tua yang di berikan kepada anaknya sangatlah berarti dari segalanya, karenanya sejak kita masih di dalam kandungan hingga kita dilahirkan ke dunia orang tua kita sangat menyayangi kita lebih dari apapun.Dalam kehidupan sehari – hari kasih sayang orang tua sangatlah berarti bagi seorang anak, hal ini menunjukkan betapa eratnya hubungan orang tua dengan anaknya.

            Kasih sayang sangatlah penting, kasih sayang juga dapat di ibaratkan sebagai dorongan hidup agar menjadi lebih baik ke depannya, ketika kita sukses kelak maka orang yang selama ini memberikan kasih sayangnya untuk kita, memberikan dorangan moral atau moril akan merasakan kebahagian yang sama seperti yang kita rasakan, terutama kasih sayang orang tua kepada anaknya. Menurut saya kasih sayang orang tua terhadap anak sangaatlah penting, bila tak ada rasa kasih sayang itu makan hubungan orang tua dan anak tidaklah harmonis. Saat sang orang ua memberikan kasing sayangnya itu adlah suatu kebahagiaan dan do’a untuk kelak hidup kita nanti.
           
            Makna kasih sayang sangat luat ruang lingkupnya. Kasih sayang bukan hanya sebatas hubungan dua insan saja, akan tetapi mencakup ruang lingkup yang lebih universal. Kasih sayang bisa berupa keharmonisan dan keterikatan baik sosial dan spiritual antara manusia dengan manusia, manusia dengan makluk hidup lain, anak dengan orang tuanya, kekasih dengan yang dikasihi, dan hamba dengan Tuhanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar