15 November 2012

KONSEP TEKNOLOGI KONVERGENSI & NEW MEDIA


Nama   : Herio Susanto
NPM     : 53411335
Kelas    : 2 IA 01


A. Pengertian Teknologi Konvergensi

Pengertian harfiahnya adalah dua benda atau lebih bertemu / bersatu di suatu titik; pemusatan pandangan mata ke suatu tempat yang amat dekat.
Secara umum, konvergensi adalah penyatuan berbagai layanan dan teknologi komunikasi serta informasi (ICTS - Information and Communication Technology and Services).
Konvergensi dapat merujuk pada teknologi yang sebelumnya terpisah, seperti suara (dan fitur telepon), data(dan produktivitas aplikasi) dan video, yang sekarang berbagi sumber daya dan berinteraksi antara satu dengan yang lain, sinergis menciptakan efisiensi baru.
Teknologi konvergensi merupakan teknologi integrasi yang progresif dari beberapa platform jaringan yang berbeda untuk menyalurkan layanan yang serupa dan atau layanan-layanan yang berbeda yang disalurkan pada platform jaringan yang sama.
Konvergensi jaringan adalah konsistensi efisien telepon, video  dalam satu jaringan. Penggunaan beberapa mode komunikasi dalam jaringan tunggal menawarkan kenyamanan dan fleksibilitas bukan tidak mungkin dengan prasarana yang terpisah.
Konvergensi media adalah penggabungan media-media yang ada untuk digunakan dan diarahkan kedalam satu titik tujuan. Konvergensi media biasanya merujuk pada perkembangan komunikasi digital yang dimungkinkan dengan adanya konvergensi jaringan. Salah satu contoh konvergensi media adalah internet. Sebagai jaringan, internet merupakan konvergensi antara komputer dengan teknologi jaringan serta infrastruktur telekomunikasi telepon (PSTN dan nirkabel/wireless). Sebagai alat internet merupakan konvergensi fungsi transmisi data, gambar, suara ,dan gambar bergerak.
Dalam sejarah teknologi, kemunculan teknologi, merupakan bagian dari perkembangan mutakhir, mewakili kemajuan dewasa ini dan inovasi di sekitar abad ke-21 di berbagai bidang teknologi. Berbagai integrasi teknologi telah muncul dalam konvergensi teknologi dari sistem yang berbeda yang berkembang menuju melaksanakan tugas serupa. Konvergensi teknologi yang terbesar dalam pandangan sosial zaman ini adalah ketika ditemukan telepon, televisi ,dan komputer. Kemudian ketika teknologi ini dapat disatukan dalam sebuah teknologi baru bernama teknologi internet yang akhirnya berkembang tanpa batas.
Konvergensi teknologi menjadi sebuah trend baru yang bakal mengubah cara hidup bermasyarakat dan perilaku bisnis. Fakta ini seolah kian menegaskan, masyarakat dunia telah memasuki era baru yang serba mobile, praktis, personal, dan digital. Bisnis informasi dan komunikasi sebagai salah satu pendorong utama pertumbuhan ekonomi dunia yang telah mengalami pergeseran. Studi juga menunjukkan bahwa pertumbuhan internet mobile merupakan sebuah fenomena global, bukan hanya terbatas pada negara maju, yang biasanya terjadi dengan teknologi sebelum trend. Lima kunci trend konvergensi teknologi untuk memacu pertumbuhan majunya penggunaan internet mobile termasuk 3G (dan segera hadir layanan 4G) broadband, popularitas jaringan sosial, video online, layanan VOIP seperti Skype, serta adanya perangkat mobile yang dapat melakukan tugas-tugas seperti layaknya sebuah komputer desktop atau laptop.

B. Contoh Teknologi Konvergensi
1.      Broadband, merupakan sebuah istilah dalam internet yang merupakan koneksi internet transmisi data kecepatan tinggi. Ada dua jenis jalur lebar yang umum, yaitu DSL dan kabel modem, yang mampu mentransfer 512 kbps atau lebih, kira-kira 9 kali lebih cepat dari modem yang menggunakan kabel telepon standar.
Teknologi Internet broadband secara umum didefinisikan sebagai jaringan atau servis Internet yang memiliki kecepatan transfer yang tinggi karena lebar jalur data yang besar. Kecepatan transfer yang biasa dijanjikan oleh servis broadband adalah sampai sekitar 128 Kbps atau lebih. Teknologi ini dapat menggabungkan lebih dari satu channel ke dalam transmisi komunikasi. Teknologi yang tergolong dalam jenis ini diantaranya adalah sinyal televisi, televisi kabel, satelit, SONET, dan lain-lain. Broadband dapat dikatakan koneksi yang cukup ekonomis, karena dengan membayar biaya yang relatif murah, kita bisa mendapatkan koneksi Internet yang cukup. Namun kecepatannya tidak terjamin ketika banyak pengguna sedang terkoneksi. Area dari koneksi broadband juga sering menjadi kelemahannya. Area coverage belum bisa terlalu luas karena memang ada keterbatasan teknis.

2.      Baseband, merupakan metode penggunaan media komunikasi dimana frekuensi yang dilewatkan pada carrier hanya satu buah untuk mentransmisikan data. Salah satu contoh pengguna metode baseband adalah ethernet.

3.      Bandwidth, merupakan besaran lalu lintas data yang diperbolehkan melalui website anda ke seluruh internet. Besaran bandwidth yang bisa disediakan perusahaan hosting ditentukan oleh koneksi jaringan mereka, baik yang melalui internal (data center) mereka maupun ke eksternal (internet publik).

4.      Narrowband, merupakan pita dengan saluran sempit. Dengan kemampuan kecil. Defenisi dari narrowband adalah  saluran nirkabel, narrowbandmenunjukkan bahwa saluran yang digunakan cukup sempit dan respon frekuensi dapat dianggap datar. Narrowband juga dapat digunakan dengan audio spektrum untuk menggambarkan suara yang menempati rentang frekuensi yang cukup sempit.Dalam telepon , narrowband biasanya dianggap untuk menutup frekuensi 300-3400 Hz.Biasanya Narrowband mengacu pada situasi di komunikasi radio dimana bandwidth pesan tidak signifikan melebihi saluran coherence bandwidth. Ini adalah kesalahpahaman umum jika narrowband mengacu ke saluran yang menempati hanya “kecil” jumlah ruang pada spektrum radio.

5.      VPN, merupakan sebuah koneksi virtual karena pada dasarnya jaringan ini tidak ada secara fisik hanya berupa jaringan virtual dan disebut private karena jaringan ini merupakan jaringan yang sifatnya private yang tidak semua orang bisa mengaksesnya. VPN Menghubungkan PC dengan jaringan public atau internet namun sifatnya private, karena bersifat private maka tidak semua orang bisa terkoneksi ke jaringan ini dan mengaksesnya. Kegunaan VPN adalah Anda dapat mengakses server tertentu melalui VPN dimana saja, entah itu dirumah atau dijalan secara aman meskipun anda menggunakan infrastruktur jaringan internet dalam penggunaannya.
           
C. Konsep Jejaring Sosial

            Definisi Konsep Jejaring Sosial
Jejaring Sosial merupakan sebuah web berbasis pelayanan yang memungkinkan penggunanya untuk membuat profil, melihat list pengguna yang tersedia, serta mengundang atau menerima teman untuk bergabung dalam situs tersebut.
Konsep dasar situs jejaring sosial ialah menyediakan layanan senyaman mungkin kepada pengguna dalam melakukan kegiatan sosial di dalam ruang virtual. Hal yang harus dilakukan sebelum menggunakannya, pengguna harus melakukan registrasi, dari membuat ID dan password hingga identitas pribadi,  jika mereka ingin mengakses konten – konten di dalamnya. Biasanya situs jejaring sosial memiliki fasilitas pertemanan (Facebook, Twitter), dimana para pengguna akan mengajak teman atau kerabat untuk bergabung dan menjadi pengguna dalam situs tersebut. Dan ada juga yang menyediakan fasilitas komersial untuk jual beli contohnya situs kaskus.co.id. Inilah yang menjadi cara utama situs jejaring sosial untuk menarik banyak pengunjung ke dalam situs mereka.

            Sejarah Jejaring Sosial

Sejak komputer dapat dihubungkan satu dengan lainnya dengan adanya internet banyak upaya awal untuk mendukung jejaring sosial melalui komunikasi antar komputer. Situs jejaring sosial diawali oleh Classmates.com pada tahun 1995 yang berfokus pada hubungan antar mantan teman sekolah dan SixDegrees.com pada tahun 1997 yang membuat ikatan tidak langsung. Situs ini memiliki aplikasi untuk membuat profil, menambah teman, dan mengirim pesan.

Dua model berbeda dari jejaring sosial yang lahir sekitar pada tahun 1999 adalah berbasiskan kepercayaan yang dikembangkan oleh Epinions.com, dan situs sosial lunarstorm, live journal, Cyword yang berfungsi memperluas informasi secara searah yang berbasiskan pertemanan seperti yang dikembangkan oleh Uskup Jonathan yang kemudian dipakai pada beberapa situs UK regional di antara 1999 dan 2001. Inovasi meliputi tidak hanya memperlihatkan siapa berteman dengan siapa, tetapi memberikan pengguna kontrol yang lebih akan isi dan hubungan. Tahun 2002, muncul friendster sebagai situs anak muda pertama yang semula disediakan untuk tempat pencarian jodoh. Dalam keanjutannya, friendster ini lebih diminati anak muda untuk saling berkenalan dengan pengguna lain. Tahun 2003, muncul situs sosial interaktif lain menyusul kemunculan friendster, Flick R, You Tube, Myspace.

Pada tahun 2005, layanan jejaring sosial MySpace, dilaporkan lebih banyak diakses dibandingkan Google dengan Facebook, pesaing yang tumbuh dengan cepat. Jejaring sosial mulai menjadi bagian dari strategi internet bisnis sekitar tahun 2005 ketika Yahoo meluncurkan Yahoo! 360°. Pada bulan juli 2005 News Corporation membeli MySpace, diikuti oleh ITV (UK) membeli Friends Reunited pada Desember 2005. Diperkirakan ada lebih dari 200 situs jejaring sosial menggunakan model jejaring sosial ini.

Beberapa jenis jejaring sosial yang terkenal saat ini adalah :
1. Facebook     (www.facebook.com)
2. Twitter          (www.twitter.com)
3. Kaskus         (www.kaskus.co.id)

Dan masih banyak lagi, namun pada kesempatan ini saya akan sedikit membahas jejaring sosial facebook. Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada bulan Februari 2004 yang dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc. Pada Mei 2012, Facebook memiliki lebih dari 900 juta pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan peralatan bergerak. Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar seperti "Rekan Kerja" atau "Teman Dekat". Nama layanan ini berasal dari nama bukuyang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh beberapa pihak administrasi universitas di Amerika Serikat dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.
Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa ilmu komputer Eduardo Saverin, Dustin Moskovitzdan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun. Meski begitu, menurut survei Consumer Reports bulan Mei 2011, ada 7,5 juta anak di bawah usia 13 tahun yang memiliki akun Facebook dan 5 juta lainnya di bawah 10 tahun, sehingga melanggar persyaratan layanan situs ini.
            Layanan Jejaring Sosial

Banyak layanan jejaring sosial berbasiskan web yang menyediakan kumpulan cara yang beragam bagi pengguna untuk dapat berinteraksi seperti chat, messaging, email, video, chat suara, share file, blog, diskusi grup, dan lain-lain. Umumnya jejaring sosial memberikan layanan untuk membuat biodata dirinya. Pengguna dapat meng-unggah foto dirinya dan dapat menjadi teman dengan pengguna lainnya. Beberapa jejaring sosial memiliki fitur tambahan seperti pembuatan grup untuk dapat saling sharing didalamnya.

            Dampak Positif dan Negatif Jejaring Sosial
·         Dampak Positif
1.      Mempermudah komunikasi jarak jauh, dimanapun dan kapanpun.
2.      Sebagai media untuk berbagi informasi dengan cepat.
3.      Menambah teman serta memperluas pergaulan.
4.      Sebagai media promosi bisnis.
·         Dampak Negatif
1.      Intensitas berinteraksi langsung menjadi berkurang, seperti bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.
2.      Dapat menimbulkan gangguan kesehatan jika terlalu lama menggunakan komputer atau laptop seperti sakit mata, obesitas, dan lain - lain.
3.      Membuat pengguna menjadi malas beraktivitas di luar rumah.
4.      Membuat pengguna menjadi kecanduan.

D. Definisi Podcasting
Podcasting adalah sebuah sistem untuk mendownload file dari berbagai sumber seperti radio internet, ke dalam komputer personal dan mendengarkannya melalui komputer ataupun player media digital. Untuk dapat menikmati layanan ini, anda perlu melakukan registrasi pada radio internet ataupun sumber-sumber lain, dengan menggunakan software khusus. Setelah itu, software ini secara otomatis akan mendownload ke dalam komputer anda, setiap episode terbaru yang muncul di internet. Anda dapat mendengarkannya kapan saja dan di mana saja, seperti pada saat berangkat atau pulang dari kerja.
Berasal dari kata iPod dan Broadcasting, Podcasting pun kini sudah mulai banyak diLakukan oleh masyarakat melalui dunia maya. Meskipun Podcasting berasal dari kata iPod, bukan berarti untuk melakukan Podcasting memerlukan iPod. Podcasting sendiri penekanannya lebih kepada Broadcasting-nya, yaitu melakukan proses penyiaran. Hanya saja berbeda dengan dunia broadcasting, untuk menyiarkan suara melalui Podcasting tidak diperlukan media gelombang radio, melainkan Internet.

Konsep Podcasting berasa dari gabungan teknologi blogger dengan MP3. Hanya saja jika blogger masih dominan oleh teks dan gambar, sebaliknya Podcasting menggunakan suara. Oleh sebab itu, ada juga yang mengatakan bahwa Podcasting adalah audio blogger. Dengan Podcasting, Anda dapat melakukan siaran radio tanpa harus memiliki izin dan peralatan yang canggih. Seseorang yang mendengarkan suara atau lagu Anda tidak perlu lagi harus ada di depan komputer pada saat yang bersamaan Anda melakukan siaran. Tetapi, ia dapat menyimpan terlebih dahulu dan mendengarkannya nanti. Baik dengan komputer itu sendiri atau dengan menggunakan MP3 Player atau Portable Media Player yang dimilikinya. Mengapa Podcasting dikatakan sebagai penggabungan blogger dengan MP3 Player. Karena format yang digunakan oleh file audio dalam Podcasting adalah MP3, format audio yang sudah umum digunakan saat ini.

Manfaat Podcasting
1.      Menyediakan alat komunikasi bisnis yang efektif dan efisien.
2.      Menyediakan retensi memori yang lebih baik.
3.      Memberikan kesempatan untuk peningkatan lalu lintas pemasaran situs.
4.      Memberikan kenyamanan pengunjung situs sehingga tidak bosan untuk berkunjung kembali.
5.      Menyediakan kemudahan dalam pemakaian.
6.      Meningkatkan visibilitas situs pengguna.

Komponen Podcasting

·         File audio
            Suatu file dimana isinya berupa suatu suara(audio) yang hanya bisa dibuka dengan media player.

·         Podcast Server

·         RSS FEED
            Sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan(diantaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog.

            Cara Kerja Podcasting

Pada dasarnya setiap orang yang memiliki komputer dan akses ke Internet dapat turut berpartisipasi menyajikan konten untuk layanan podcast. Anda dapat merekam suara, lagu, puisi, pidato, ceramah, kultum, atau bahkan khotbah, kemudian menyimpannya dalam format MP3 dan meng-upload-nya ke salah satu website podcast yang ada. Selanjutnya biarkan orang lain yang tertarik dengan konten buatan Anda untuk men-download dan mendengarkannya di komputer atau MP3 player mereka.
Sedangkan untuk mendengarkan siaran podcast dari orang lain, Anda dapat masuk ke salah satu website podcast, men-download freeware untuk podcasting yang mereka sediakan (seperti iPodder atau iTunes), dan meng-install-nya di komputer. Selanjutnya, dari aplikasi tersebut Anda dapat mengklik hyperlink untuk mendengarkan konten podcast yang diinginkan. Anda dapat mendengarkannya langsung dari komputer, atau men-download-nya ke dalam MP3 player.

            Contoh cara berlangganan podcast VOA gratis

VOA menawarkan tiga cara berlangganan podcast yang dapat Anda mainkan kapan saja dengan gadget portable dan komputer Anda:

1.  iTunes : Bila iTunes terpasang di komputer Anda, klik icon iTunes di bawah deskripsi program dan ikuti petunjuk untuk berlangganan iTunes.

2. MyYahoo : Bila Anda punya account Yahoo, Anda dapat berlangganan menggunakan MyYahoo. Klik icon MyYahoo di bawah deskripsi program dan ikuti petunjuk untuk berlangganan di MyYahoo.

3. RSS: Bila Anda tak punya iTunes ataupun Yahoo, Anda dapat menggunakan program reader podcast atau RSS untuk berlangganan. Kopi link untuk berlangganan yang terdaftar di bawah deskripsi program untuk berlangganan dengan program reader podcast atau RSS.

E. Pengertian RSS dan IPTV

            Pengertian RSS
RSS adalah sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan (di antaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog. Singkatan ini biasanya mengarah ke beberapa
§  Rich Site Summary (RSS 0.91)
§  RDF Site Summary (RSS 0.9 and 1.0)
§  Really Simple Syndication (RSS 2.0)
Teknologi yang dibangun dengan RSS mengizinkan kita untuk berlangganan kepada situs web yang menyediakan umpan web (feed) RSS, biasanya situs web yang isinya selalu diganti secara reguler. Untuk memanfaatkan teknologi ini kita membutuhkan layanan pengumpul. Pengumpul bisa dibayangkan sebagai kotak surat pribadi. Kita kemudian dapat mendaftar ke situs yang ingin kita tahu perubahannya. Namun, berbeda dengan langganan koran atau majalah, untuk berlangganan RSS tidak diperlukan biaya, gratis. Tapi, kita biasanya hanya mendapatkan satu baris atau sebuah pengantar dari isi situs berikut alamat terkait untuk membaca isi lengkap artikelnya. Fungsi utama RSS ialah memberikan makanan pada search engine, dimana feed tersebut berisi update terbaru dari content website kita. Ada beberapa format Web Syndication, yaitu : RSS, ATOM, dan RDF.

            Sejarah RSS
Pada tahun 1997 seseorang yang bernama David Winer dariUserLand (userland.com) membuat sebuah format yang menjadi cikal bakal RSS, format tersebut diberi nama scriptingNews. Kemudian seseorang bernamaDan Libby dari Netscape membuat versi pertama RSS yang dikembangkan dari scriptingNews milik David Winer.
RSS pertama ini dikenal sebagai RSS versi 0.90 , pada versi awal ini kata RSS merupakan akronim dari RDF Site Summary. Akronim dalam akronim lebih tepatnya (penamaan yang buruk), RDF sendiri singkatan dari ResourceDescription Framework. Format RDF ini mirip dengan XML.
Kemudian pada tahun 1999 karena permintaan dari banyak pihak, Libby merelease RSS versi 0.91. Versi 0.91 ini tidak lagi menggunakan RDF tetapi murni format XML biasa, oleh karena itu singkatan RSS berubah menjadi RichSite Summary.
Pada tahun 2000 sekelompok developer yang dipimpin oleh Rael Dornfestmeluncurkan RSS versi 1.0. Pada versi 1.0 ini kembali menggunakan format RDF. Disamping itu RSS 1.0 ini dilengkapi dengan banyak fitur baru yang belum ada pada versi sebelumnya.
David Winer yang sudah keluar dari UserLand tetapi masih tertarik dengan RSS, pada tahun 2002 ia membuat RSS versi 2.0. David Winer memutuskan kali ini RSS adalah singkatan dari Really Simple Syndication. RSS versi 2.0 ini menawarkan fitur fitur baru diantaranya :
1.      fasilitas untuk menampilkan tanggal publikasi (sangat penting untuk sebuah blog)
2.      fasilitas GUID (Global Unique Identifier).
3.      mensupport XML namespaces
Walaupun RSS sudah sampai pada versi 2.0 bukan berarti versi yang sebelumnya dilupakan. Faktanya RSS 0.91, RSS 1.0, RSS 2.0 semuanya masih dipakai sampai saat ini. Bahkan sekarang ada format baru yang diberi namaAtom (awalnya diberi nama echo, lalu pie, terakhir Atom). Atom dikembangkan oleh seorang yang bernama Sam Ruby.
Atom ini juga menggunakan struktur XML hanya saja lebih kompleks dari RSS. Beberapa layanan blogging menggunakan Atom feed antara lain Blogger,LiveJournal dan Movable Type.

            Cara Kerja RSS
Untuk dapat menggunakan RSS, pertama anda harus men-download perangkat lunak (sistem manajemen konten), dengan format XML yang dapat dibaca. Judul dan, kutipan dari artikel, dan link ke artikel penuh. Selain hanya teks, anda juga dapat menyisipkan file multimedia di RSS feed seperti gambar, video, MP3 dan lain-lain. Broadcasting, picturecasting, photocasting, dan podcasting adalah beberapa fitur yang dapat anda memasukkan ke dalam feed, tapi tidak akan dibahas dalam artikel ini. Bagi pengguna yang ingin mengakses RSS feed, mereka perlu menggunakan aggregator atau feed reader. Pencarian agregator untuk update pada halaman RSS kemudian menampilkannya. Ini dapat menjadi program mandiri atau ekstensi web browser, tergantung pada sistem operasi anda. Search engine untuk konten web disiarkan melalui RSS feed juga tersedia seperti Plazoo dan Feedster.
           
            Layanan RSS
Ada beberapa website yang menyediakan RSS, antaralain :
1. Pheedo.com
2. Feedm8.com
3. Feedburner.com/fb/a/advertising
4. Text-Link-Ads.com/feedvertising

F. Pengertian IP TV
IPTV atau “Internet Protocol Television” adalah suatu layanan multimedia yang terdiri atas program televisi, video (gambar bergerak), audio (suara), tulisan (text), graphics (gambar diam) dan data yang disalurkan ke pelanggan melalui suatu jaringan tertutup yang berbasis IP. Proses penerimaan siaran televisi pada IPTV tidak berbeda dengan dua metode yang sudah dikenal sebelumnya, yakni menggunakan antena penerima sinyal dari pemancar untuk televisi konvensional, dan menggunakan kabel untuk televisi kabel. Perbedaannya terletak pada tipe data yang dikirimkan dari stasiun televisi ke rumah-rumah. Pada IPTV, data yang dikirimkan oleh penyedia siaran televisi berupa paket-paket berbasis IP yang diterjemahkan oleh pesawat televisi pelanggan sebagai data gambar dan suara.
            Sejarah IP TV
Pada tahun 1994, World News Now yang disiarkan oleh stasiun televisi ABC adalah acara televisi pertama yang disiarkan lewat internet dengan menggunakan piranti lunak CU-SeeMe video conferencing. Istilah IP TV pertama kali muncul pada tahun 1995 dengan pendiri Precept Software oleh Judith Estrin dan Bill Carrico.
Precept mendesain dan membuat produk video internet yang disebut sebagai "IP/TV". IP/TV adalah MBONE compatibl Windows dan Unix based application yang berjalan diatas sumber audio atau video yang tunggal dan jamak. Dengan jangkauan dari kualitas rendah ke kualitas DVD dengan menggunakan unicast dan IP multicast RTP/RTCP. Piranti lunak ditulis oleh Steve Casner, Karl Auerbach, dan Cha Chee Kuan. Precept telah didapatkan oleh CISCO pada 1998. CISCO menyewa "IP/TV" trademark.
Sebuah perusahaan internet radio yang bernama AudioNet memulai siaran kontinu langsung pertama via web (webcast) dengan konten dari WFAA-TV pada bulan Januari 1998 dan KCTU-LP pada tanggal 10 Januari 1998.
Kingston Communications, sebuah perusahaan operator telekomunikasi regional di Inggris Raya meluncurkan KIT (Kingston Interactive Television), layanan IPTV lewat DSL pita lebar (broadband) pada bulan September 1999 setelah mencoba berbagai variasi dan percobaan TV dan VoD (Video on Demand).
Operator tersebut menambahkan layanan VoD pada bulan Oktober 2000 dengan Yes TV, sebuah perusahaan konten VoD, Kingston adalah salah satu perusahaan di dunia yang mempelopori IPTV dan IP VoD lewat ASDL.
Pada masa sebelumnya, teknologi ini dibatasi oleh penetrasi rendah jaringan pita lebar. Pada saat ini, IPTV pada kalangan rumah tangga diharapkan tumbuh dengan cepat seiring dengan ketersediaan koneksi pita lebar yang menjangkau lebih dari 400 juta pada tahun 2000. Banyak dari perusahaan telekomunikasi besar telah mengeksplorasi IPTV sebagai pendapatan baru dari pasar yang telah ada dan sebagai tindakan gangguan dari layanan konvensional televisi kabel. Selain itu sekarang ini terjadi banyak penggunaan IPTV di sekolah, universitas, korporasi, dan institusi lokal. Di Eropa tengah dan timur, IPTV mulai berkembang sedangkan di China, IPTV diawali oleh perusahaan layanan TV BesTV.
           
            Cara kerja IPTV
Decoder yang sudah tertancap di pesawat televisi dihubungkan dengan jalur Internet DSL di rumah-rumah. Alat ini bertanggung jawab menyatukan kembali paket-paket berbasis IP yang diterima dari penyedia siaran IPTV ke dalam bentuk video stream yang koheren, dan men-decode-nya menjadi gambar dan suara.
Tugas tersebut sebenarnya bisa digantikan oleh komputer. Namun, sangat jarang orang meletakkan komputer yang selalu menyala di samping pesawat televisi. Oleh karena itu, sebuah kotak decoder yang dinilai kecil dinilai masih lebih efisien ketimbang memaksa komputer melakukan tugas tersebut. Sebagian besar video dalam sistem IPTV di-encode dalam format MPEG-2, kendati format H.264 dan Windows Media juga memungkinkan. Video stream ini dipecah menjadi paket-paket berbasis IP dan dimasukkan ke dalam jaringan milik penyedia siaran IPTV (yang juga perusahaan telekomunikasi) tempat dimana data-data lain (voice dan data) berjalan.

            Layanan IPTV
1.      Live tv, merupakan siaran televisi yang dipancarkan oleh stasiun-stasiun tv biasa.
2.      Video, Music and News On Demand yaitu layanan siaran musik ,video dan siaran berita sesuai permintaan penonton.
3.      Voice Over Internet Protocol (VoIP) adalah teknologi yang memungkinkan komunikasi suara dan fax dengan menggunakan jaringan berbasis IP.
4.      Parental guide, merupakan layanan untuk melindungi anak dan remaja dari siaran yang yang tidak diperuntukkan bagi usia mereka.

Sumber :
http://www.slideshare.net/judhie/konvergensi
http://id.wikipedia.org/wiki/Konvergensi_media
http://mauhibi.blogspot.com/2010/12/pengertian-bandwith-baseband-broadband.html
http://nizaru.blogspot.com/2011/11/konsep-teknologi-konvergensi-jejaring.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Facebook
http://www.voaindonesia.com/info/podcasts/2170.html
http://id.wikipedia.org/wiki/RSS
http://www.kadekbagus.com/sejarah-rss.html
http://nana-afrina.blogspot.com/2011/04/cara-kerja-iptv.html
http://strawberry-mucha.blogspot.com/2009/12/sejarah-ip-tv.html

17 Oktober 2012

New Media


Nama  : Herio Susanto
NPM    : 53411335
Kelas   : 2 IA 01

Definisi New Media

            Kata “media”  berasal dari bahasa latin yang artinya “perantara sebuah Informasi dengan penerima Informasi”. Lalu apa yang dimaksud dengan New Media ? Jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia, New Media berarti perantara baru. Arti kata "baru" sendiri mempunyai banyak makna dilihat dari segi waktu, manfaat, produksi serta distribusinya. Kita ambil contoh New Media dari segi waktu dapat ditafsirkan semakin modern, maka semakin baru media tersebut. Lalu bisa juga dilihat dari segi manfaat, jadi semakin banyak masyarakat yang menggunakan, semakin mengubah culture atau budaya, maka semakin baru media tersebut.
            Jadi apa New Media itu? Banyak orang yang bertanya-tanya tentang arti sebenarnya dari New Media tersebut, sedangkan tidak ada istilah yang paling spesifik untuk menggambarkannya karena New Media hanya dapat dilakukan dengan penjabaran secara umum, yaitu penggabungan dari media konvensional. Banyak orang yang berasumsi  New Media itu adalah komputer, padahal belum tentu komputer adalah New Media karena komputer hanya sebuah mesin, tidak bisa menjadi pengukur media itu adalah New Media atau bukan.
            Jadi mari kita lihat definisi New Media menurut Wikipedia:
“Media baru adalah istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai “media baru” adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak. Beberapa contoh dapat Internet, website, komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROMS, dan DVD. Media baru bukanlah televisi, film, majalah, buku, atau publikasi berbasis kertas.”
 Jadi sederhananya, New Media (media baru) adalah media yang terbentuk dari interaksi antara manusia dengan komputer dan internet / jaringan secara lebih khususnya.

Pandangan terhadap New Media

         Bagaimana pandangan kita terhadap New Media? New Media adalah suatu komponen yang sangat penting dalam kehidupan globalisasi saat ini. semua kegiatan pemberian informasi dapat di askes melalui komponen New Media. New Media semakin meluas bukan karena semakin tuanya dunia kita, atau dengan kata lain New Media datang dengan sendirinya. Namun New Media hadir karena semakin banyaknya manusia – manusia yang menginginkan kemudahan dalam mengerjakan segala aktivitas- aktivitasnya. Lalu mereka menciptakan media – media baru dengan tujuan untuk mempermudah dan mempercepat proses pengerjaannya.
            Media dan teknologi yang digunakan akan semakin berkembang seiring dengan perubahan zaman. Para ilmuan pada masa itu percaya bahwa berbagai pemikiran itu akan membawa transformasi manusia kearah yang lebih maju.  Sebagai contoh perkembangan New Media adalah internet.
            New Media memiliki dampak positif jika kita tahu cara menggunakannya, karena kita juga dapat merasakan hal praktis dan serba cepat yang dihasilkan oleh media – media baru tersebut. Namun jika kita menggunakan media-media baru tersebut dengan tidak pada jalurnya, itu justru dapat berdampak buruk bagi kita dan juga lingkungan. Seperti contoh dalam penggunaan internet, jika kita tahu apa manfaat internet dan kita mengerti penggunaannya, banyak manfaat yang dapat kita ambil dari media baru tersebut, kita dapat mencari berbagai informasi yang kita  butuhkan dengan cepat tanpa harus repot – repot. Tapi sebaliknya, jika kita tidak bisa tidak tahu cara mengoptimalkan penggunaan internet, kita dapat menemukan hal – hal negatif dalam internet tersebut, seperti pembobolan kartu kredit secara online, dan lain-lain.
            Dalam dunia pendidikan, internet sangat disarankan bagi para anak didik untuk memahaminya, namun peran orang tua juga diperlukan dalam mengawasi penggunaan internet yang digunakan oleh anak – anak mereka. Tapi bagi mereka yang bukan anak kecil lagi, tentunya kita sudah tahu apa yang boleh dan apa yang tidak boleh kita lakukan.
Manfaat New Media

            Keberadaan New Media sangat membantu kita dalam berbagai kegiatan sehari - hari. Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari keberadaan New Media antara lain sebagai berikut :

a.   Bidang Pendidikan
Dalam hal ini pelajar dan mahasiswa mungkin mendapatkan manfaat yang besar atas keberadaan New Media ini. Mereka bisa mencari materi sekolah atau kuliah yang mereka butuhkan. Mereka juga bisa menggunakan e-book ataupun referensi yang filenya bisa disimpan dalam format digital sehingga pelajar tidak perlu membawa terlalu banyak buku.

b. Bidang Kesehatan
Dalam bidang kesehatan mungkin seseorang dapat mencari jenis penyakit yang dideritanya serta obatnya sekaligus bagaimana cara mengatasinya. Ataupun seseorang dapat mencari informasi serta tips dan trik agar kesehatan selalu terjaga.

 c. Bidang  Jual Beli
Metode  jual beli pada masa kini sudah berkembang sangat pesat, contohnya jual beli online, yaitu berdagang lewat dunia maya. Sekaligus pembayaran juga hanya dengan cara ditransfer. Hal ini merupakan penggunaan New Media dalam penggunaan internet dalam bidang perniagaan serta transakasi.

d.  Bidang Pencarian Kerja
New Media sangat bermanfaat ketika kita ingin mencari pekerjaan, ini dapat dilakukan dengan cara mengetikan link perusahaan yang kita inginkan maka akan informasi tentang perusaahaan tersebut, termasuk juga lowongan kerja. Atau juga bisa mengirimkan surat lamaran kerja melalui surat elektronik jika diperbolehkan, jadi tidak harus datang langsung untuk mengirimkan surat lamaran.

e.  Komunikasi
Komunikasi pada masa kini tidak dipisahkan oleh jarak dan waktu, kapanpun & dimanapun baik kalangan tua, muda, bahkan anak-anak sekalipun. Banyak jejaring sosial yang dapat digunakan untuk menjaga silaturahmi seperti facebook, twitter, yahoo messenger, dan lain-lain.

   Komponen New Media

Beberapa komponen dari New Media antara lain : 
ü    Smart Phone
  
                           
           
            Smart Phone dapat dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Smart Phone kita dapat mengakses bebesapa situs jejaring sosial diantaranya Facebook, Twitter, Email, Plurk,dan lain-lain. Dengan Smart Phone kita dapat lebih cepat mendapatkan informasi yang kita inginkan atau juga memberikan informasi kepada orang lain dengan cara mengakses dunia maya. Misalkan di situs jejaring sosial Twitter, kita dapat mendapatkan informasi tentang kejadian sekitar dengan mengikuti akun yang berhubungan dengan berita yang baru.

ü    Internet
  
            Internet dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Internet kita dapat mengakses berbagai informasi dimanapun dan kapanpun. Internet memudahkan kita untuk melakukan sebuah interaksi sosial dengan orang lain.

           
ü    Komputer
          

            Komputer dijadikan sebagai komponen New Media karena komputer dapat memudahkan kita mendapatkan informasi. Ketiga komponen diatas tidak dapat saling dipisahkan, antara Smart Phone, internet dan juga komputer. Ketiganya saling berkaitan dan harus bijak dalam pemakaiannya.



Aplikasi New Media

1. Facebook


            Facebook diciptakan oleh Mark Zuckerberg bersama teman dan sesama mahasiswa ilmu komputer Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada Februari 2004 yang dioperasikan dan dimiliki oleh Facebook, Inc. Pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya.
            Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna yang memiliki tujuan tertentu, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi, atau karakteristik lainnya. Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh administrasi universitas di AS dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.

 2. Twitter
           
        Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan merupakan teks tulisan berjumlah maksimal 140 karakter yang akan ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan / tweets bisa dilihat secara umum, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut atau biasa disebut "follower".
            Semua pengguna dapat mengirim dan menerima kicauan melalui situs Twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel (handphone/smartphone), atau dengan pesan singkat (SMS) yang tersedia di negara-negara tertentu. Situs ini berbasis di San Bruno, California dekat San Francisco, di mana situs ini pertama kali dibuat. Twitter juga memiliki server dan kantor di San Antonio, Texas dan Boston, Massachusetts.
            Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan sebagai "SMS dari internet".
Twitter memiliki logo berupa seekor burung berwarna biru yang bernama "Larry the "Bird", dinamai setelah nama seorang mantan pemain basket NBA,Larry Bird.

3. Foursquare

  

           Foursquare adalah sebuah situs web dan aplikasi dari telepon selular yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan teman mereka dan secara langsung check-in lokasi terbaru mereka. Foursquare hanya bisa digunakan pada Iphone, Android , Blackberry, Palm Pre dan telepon selular lain yang menawarkan aplikasi mobile web. Check-in di dalam foursquare adalah ketika pengguna memberitahu foursquare dimanakah dia berada . Check-in bisa dilakukan dimana saja, di restoran, museum, taman kota, atau di universitas. Pada saat anda melakukan check-in maka anda akan diberikan sebuah poin. Poin juga bisa didapatkan dengan menambah lokasi baru yang belum ada di dalam situs web Foursquare. Pengguna foursquare juga dapat check-in lokasi terbaru mereka sekaligus juga memberikan komentar tentang lokasi tersebut . Foursquare bekerja sama dengan Facebook dan juga Twitter, jadi jika pengguna check-in maka akan otomatis terdapat pada account Facebook dan Twitter. Pada Iphone versi 1.3, pengguna Foursquare dapat mengetahui check-in dari teman mereka yang dikenal dengan nama “Ping”. Pengguna juga bisa mendapatkan sejumlah badges yang bisa diartikan sebagai pangkat dengan check-in di tempat-tempat yang direkomendasikan dari situs atau mengunjungi sebuah lokasi dengan intensitas yang tinggi. Di dalam situs ini, pengguna juga bisa membuat sebuah list dari hal-hal yang akan dikerjakan (to do list) untuk kepentingan pribadi dan juga memberikan tips tentang lokasi tersebut sehingga pengguna lain bisa membacanya. Off the Grid check-in adalah sebuah check-in yang dilakukan pengguna secara rahasia karena pengguna tersebut tidak mau lokasinya diketahui oleh pengguna lain.


Sumber :

http://en.wikipedia.org/wiki/New_media
http://id.wikipedia.org/wiki/Facebook
http://id.wikipedia.org/wiki/Twitter
http://id.wikipedia.org/wiki/Foursquare
http://sandrawulansari.blogspot.com/2011/09/new-media-sandra-wulansari-2ia12.html