17 Oktober 2012

New Media


Nama  : Herio Susanto
NPM    : 53411335
Kelas   : 2 IA 01

Definisi New Media

            Kata “media”  berasal dari bahasa latin yang artinya “perantara sebuah Informasi dengan penerima Informasi”. Lalu apa yang dimaksud dengan New Media ? Jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia, New Media berarti perantara baru. Arti kata "baru" sendiri mempunyai banyak makna dilihat dari segi waktu, manfaat, produksi serta distribusinya. Kita ambil contoh New Media dari segi waktu dapat ditafsirkan semakin modern, maka semakin baru media tersebut. Lalu bisa juga dilihat dari segi manfaat, jadi semakin banyak masyarakat yang menggunakan, semakin mengubah culture atau budaya, maka semakin baru media tersebut.
            Jadi apa New Media itu? Banyak orang yang bertanya-tanya tentang arti sebenarnya dari New Media tersebut, sedangkan tidak ada istilah yang paling spesifik untuk menggambarkannya karena New Media hanya dapat dilakukan dengan penjabaran secara umum, yaitu penggabungan dari media konvensional. Banyak orang yang berasumsi  New Media itu adalah komputer, padahal belum tentu komputer adalah New Media karena komputer hanya sebuah mesin, tidak bisa menjadi pengukur media itu adalah New Media atau bukan.
            Jadi mari kita lihat definisi New Media menurut Wikipedia:
“Media baru adalah istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai “media baru” adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak. Beberapa contoh dapat Internet, website, komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROMS, dan DVD. Media baru bukanlah televisi, film, majalah, buku, atau publikasi berbasis kertas.”
 Jadi sederhananya, New Media (media baru) adalah media yang terbentuk dari interaksi antara manusia dengan komputer dan internet / jaringan secara lebih khususnya.

Pandangan terhadap New Media

         Bagaimana pandangan kita terhadap New Media? New Media adalah suatu komponen yang sangat penting dalam kehidupan globalisasi saat ini. semua kegiatan pemberian informasi dapat di askes melalui komponen New Media. New Media semakin meluas bukan karena semakin tuanya dunia kita, atau dengan kata lain New Media datang dengan sendirinya. Namun New Media hadir karena semakin banyaknya manusia – manusia yang menginginkan kemudahan dalam mengerjakan segala aktivitas- aktivitasnya. Lalu mereka menciptakan media – media baru dengan tujuan untuk mempermudah dan mempercepat proses pengerjaannya.
            Media dan teknologi yang digunakan akan semakin berkembang seiring dengan perubahan zaman. Para ilmuan pada masa itu percaya bahwa berbagai pemikiran itu akan membawa transformasi manusia kearah yang lebih maju.  Sebagai contoh perkembangan New Media adalah internet.
            New Media memiliki dampak positif jika kita tahu cara menggunakannya, karena kita juga dapat merasakan hal praktis dan serba cepat yang dihasilkan oleh media – media baru tersebut. Namun jika kita menggunakan media-media baru tersebut dengan tidak pada jalurnya, itu justru dapat berdampak buruk bagi kita dan juga lingkungan. Seperti contoh dalam penggunaan internet, jika kita tahu apa manfaat internet dan kita mengerti penggunaannya, banyak manfaat yang dapat kita ambil dari media baru tersebut, kita dapat mencari berbagai informasi yang kita  butuhkan dengan cepat tanpa harus repot – repot. Tapi sebaliknya, jika kita tidak bisa tidak tahu cara mengoptimalkan penggunaan internet, kita dapat menemukan hal – hal negatif dalam internet tersebut, seperti pembobolan kartu kredit secara online, dan lain-lain.
            Dalam dunia pendidikan, internet sangat disarankan bagi para anak didik untuk memahaminya, namun peran orang tua juga diperlukan dalam mengawasi penggunaan internet yang digunakan oleh anak – anak mereka. Tapi bagi mereka yang bukan anak kecil lagi, tentunya kita sudah tahu apa yang boleh dan apa yang tidak boleh kita lakukan.
Manfaat New Media

            Keberadaan New Media sangat membantu kita dalam berbagai kegiatan sehari - hari. Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari keberadaan New Media antara lain sebagai berikut :

a.   Bidang Pendidikan
Dalam hal ini pelajar dan mahasiswa mungkin mendapatkan manfaat yang besar atas keberadaan New Media ini. Mereka bisa mencari materi sekolah atau kuliah yang mereka butuhkan. Mereka juga bisa menggunakan e-book ataupun referensi yang filenya bisa disimpan dalam format digital sehingga pelajar tidak perlu membawa terlalu banyak buku.

b. Bidang Kesehatan
Dalam bidang kesehatan mungkin seseorang dapat mencari jenis penyakit yang dideritanya serta obatnya sekaligus bagaimana cara mengatasinya. Ataupun seseorang dapat mencari informasi serta tips dan trik agar kesehatan selalu terjaga.

 c. Bidang  Jual Beli
Metode  jual beli pada masa kini sudah berkembang sangat pesat, contohnya jual beli online, yaitu berdagang lewat dunia maya. Sekaligus pembayaran juga hanya dengan cara ditransfer. Hal ini merupakan penggunaan New Media dalam penggunaan internet dalam bidang perniagaan serta transakasi.

d.  Bidang Pencarian Kerja
New Media sangat bermanfaat ketika kita ingin mencari pekerjaan, ini dapat dilakukan dengan cara mengetikan link perusahaan yang kita inginkan maka akan informasi tentang perusaahaan tersebut, termasuk juga lowongan kerja. Atau juga bisa mengirimkan surat lamaran kerja melalui surat elektronik jika diperbolehkan, jadi tidak harus datang langsung untuk mengirimkan surat lamaran.

e.  Komunikasi
Komunikasi pada masa kini tidak dipisahkan oleh jarak dan waktu, kapanpun & dimanapun baik kalangan tua, muda, bahkan anak-anak sekalipun. Banyak jejaring sosial yang dapat digunakan untuk menjaga silaturahmi seperti facebook, twitter, yahoo messenger, dan lain-lain.

   Komponen New Media

Beberapa komponen dari New Media antara lain : 
ü    Smart Phone
  
                           
           
            Smart Phone dapat dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Smart Phone kita dapat mengakses bebesapa situs jejaring sosial diantaranya Facebook, Twitter, Email, Plurk,dan lain-lain. Dengan Smart Phone kita dapat lebih cepat mendapatkan informasi yang kita inginkan atau juga memberikan informasi kepada orang lain dengan cara mengakses dunia maya. Misalkan di situs jejaring sosial Twitter, kita dapat mendapatkan informasi tentang kejadian sekitar dengan mengikuti akun yang berhubungan dengan berita yang baru.

ü    Internet
  
            Internet dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Internet kita dapat mengakses berbagai informasi dimanapun dan kapanpun. Internet memudahkan kita untuk melakukan sebuah interaksi sosial dengan orang lain.

           
ü    Komputer
          

            Komputer dijadikan sebagai komponen New Media karena komputer dapat memudahkan kita mendapatkan informasi. Ketiga komponen diatas tidak dapat saling dipisahkan, antara Smart Phone, internet dan juga komputer. Ketiganya saling berkaitan dan harus bijak dalam pemakaiannya.



Aplikasi New Media

1. Facebook


            Facebook diciptakan oleh Mark Zuckerberg bersama teman dan sesama mahasiswa ilmu komputer Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada Februari 2004 yang dioperasikan dan dimiliki oleh Facebook, Inc. Pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya.
            Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna yang memiliki tujuan tertentu, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi, atau karakteristik lainnya. Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh administrasi universitas di AS dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.

 2. Twitter
           
        Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan merupakan teks tulisan berjumlah maksimal 140 karakter yang akan ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan / tweets bisa dilihat secara umum, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut atau biasa disebut "follower".
            Semua pengguna dapat mengirim dan menerima kicauan melalui situs Twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel (handphone/smartphone), atau dengan pesan singkat (SMS) yang tersedia di negara-negara tertentu. Situs ini berbasis di San Bruno, California dekat San Francisco, di mana situs ini pertama kali dibuat. Twitter juga memiliki server dan kantor di San Antonio, Texas dan Boston, Massachusetts.
            Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan sebagai "SMS dari internet".
Twitter memiliki logo berupa seekor burung berwarna biru yang bernama "Larry the "Bird", dinamai setelah nama seorang mantan pemain basket NBA,Larry Bird.

3. Foursquare

  

           Foursquare adalah sebuah situs web dan aplikasi dari telepon selular yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan teman mereka dan secara langsung check-in lokasi terbaru mereka. Foursquare hanya bisa digunakan pada Iphone, Android , Blackberry, Palm Pre dan telepon selular lain yang menawarkan aplikasi mobile web. Check-in di dalam foursquare adalah ketika pengguna memberitahu foursquare dimanakah dia berada . Check-in bisa dilakukan dimana saja, di restoran, museum, taman kota, atau di universitas. Pada saat anda melakukan check-in maka anda akan diberikan sebuah poin. Poin juga bisa didapatkan dengan menambah lokasi baru yang belum ada di dalam situs web Foursquare. Pengguna foursquare juga dapat check-in lokasi terbaru mereka sekaligus juga memberikan komentar tentang lokasi tersebut . Foursquare bekerja sama dengan Facebook dan juga Twitter, jadi jika pengguna check-in maka akan otomatis terdapat pada account Facebook dan Twitter. Pada Iphone versi 1.3, pengguna Foursquare dapat mengetahui check-in dari teman mereka yang dikenal dengan nama “Ping”. Pengguna juga bisa mendapatkan sejumlah badges yang bisa diartikan sebagai pangkat dengan check-in di tempat-tempat yang direkomendasikan dari situs atau mengunjungi sebuah lokasi dengan intensitas yang tinggi. Di dalam situs ini, pengguna juga bisa membuat sebuah list dari hal-hal yang akan dikerjakan (to do list) untuk kepentingan pribadi dan juga memberikan tips tentang lokasi tersebut sehingga pengguna lain bisa membacanya. Off the Grid check-in adalah sebuah check-in yang dilakukan pengguna secara rahasia karena pengguna tersebut tidak mau lokasinya diketahui oleh pengguna lain.


Sumber :

http://en.wikipedia.org/wiki/New_media
http://id.wikipedia.org/wiki/Facebook
http://id.wikipedia.org/wiki/Twitter
http://id.wikipedia.org/wiki/Foursquare
http://sandrawulansari.blogspot.com/2011/09/new-media-sandra-wulansari-2ia12.html


1 komentar:

  1. blog yang sangat bagus dan informasi yang sangat menarik.
    thanks

    BalasHapus