17 Desember 2012

ANALISIS APLIKASI NEW MEDIA


RAGNAROK

INTRO
Ragnarok online adalah MPOCG (Multi Player Online Community Game) yang dibuat berdasarkan cerita dan latar belakang yang sama dari komik terkenal berjudul ‘Ragnarok’ yang ditulis oleh Lee Myoung-Jin. Komik ini kemudian dikembangkan menjadi sebuah game online yang memfokuskan fitur komunitas antar pemainnya. Dengan karakter lucu, dan sangat minim kekerasan, game ini sangat cocok untuk dimainkan oleh segala usia dan gender.
Ragnarok online memulai pelayanannya di Indonesia pada 25 Mei 2003. Kurang dari sebulan setelah peluncuran perdananya, Ragnarok Online Indonesia (IdRO) telah menjadi permainan yang paling populer di Indonesia, dan komunitasnya terus bertambah besar dari waktu ke waktu. Sampai saat ini IdRO mempunyai 1.000.000 member dan lebih dari 5.000 warnet telah mengakses game ini.

Gameplay
Dalam permainan ini, yang berlatar di dunia Rune Midgard, tidak ada jalan cerita sehingga pemain bebas melakukan apa yang diinginkan, walaupun ada beberapa cerita sampingan atau questyang dibuat oleh pengembang game. Sistem tanpa cerita ini membuat pemain sangat leluasa. Walaupun demikian, seperti pada umumnya game MMORPG, pada umumnya yang dikejar oleh pemain adalah kenaikan level (atau lebih dikenal dengan istilah leveling) sampai level maximal, dalam Ragnarok Online yang resmi, batas maximal adalah 99.
Level pemain dalam RO terbagi 2, base level dan job level. Base level adalah level karakter seseorang yang berpengaruh pada statusnya sedangkan job level memengaruhi kemampuan profesi karakter pemain. Status karakter ada 6 macam yaitu STR (Strength), INT (Intelligence), DEX (Dexterity), LUK (Luck), VIT (Vitality), AGI (Agility) dan pemain bebas menaikkan status yang ia mau.
Kenaikan level (level up) dapat dicapai dengan cara membunuh monster-monster yang tersebar di berbagai tempat, lazimnya ada 2 tipe tempat, yang paling mudah dikenali adalah tempat yang "tertutup" atau lebih sering disebut sebagai dungeon dan tempat terbuka (field). Membunuh monster memberi pemain 2 macam experience (exp) point, yang dihitung ke base level dan job level. Apabila karakter sudah mengumpulkan exp yang cukup maka level karakter akan naik.
Sistem ekonomi RO dijalankan dengan mata uang Zeny dan berjalan sesuai dengan hukum pasar, terutama oleh penjualan barang-barang langka yang tidak bisa ditemukan di toko yang berputar di kalangan pemain berlevel tinggi.

FITUR PADA RAGNAROK ONLINE
Chatting dan Bermain Bersama
 Di dalam game Ragnarok Online, kamu bisa bertemu dan chatting bersama dengan ribuan sahabat baru dari seluruh Indonesia. Selain itu kamu juga dapat membentuk organisasi atau guild dan mengadakan aktivitas bersama.

Bermacam-macam jenis profesi dan komunitas
Ragnarok didesain sedemikian rupa agar karakter-karakter para pemain di game ini menarik sehingga para gamer dapat memilih peran yang mereka inginkan. Garis cerita dan tempat-tempat Ragnarok juga ini diambil dari cerita Ragnarok aslinya untuk menambah kepuasan bagi para gamer.

Grafik dan efek suara yang menarik
Grafik yang menarik dengan karakter 2D dan background 3D dengan menggunakan teknologi 'AEGIS', dan warna musik serta BGM yang disusun oleh TeMP yang membuat Ragnarok ini sangat spesial.

War Of Emperium
Salah satu daya tarik utama dari game Ragnarok Online adalah War of Emperium (WOE). War of Emperium adalah perang antar guild di kerajaan Rune-Midgard untuk memperebutkan beberapa istana yang tersebar di kota Prontera, Payon, Geffen, dan Al de Baran. Untuk bisa berpartisipasi dalam WOE, karakter harus memiliki sebuah guild terlebih dahulu. Untuk membentuk sebuah guild, seorang pemain membutuhkan sebuah item langka yang bernama Emperium. Emperium sendiri adalah nama dari sebuah batu mulia di dunia Rune Midgard yang dikatakan bisa memberikan kekuatan dan kekuasaan bagi siapapun yang memilikinya.

MVP
MVP atau singkatan dari Most Valuable Player adalah semacam sebutan bagi pemain yang bisa mengalahkan beberapa monster tertentu. Monster ini tidak seperti monster lainnya yang keluar setiap saat. Monster khusus ini biasanya keluar 1 hingga 2 jam tergantung jenis monsternya. Monster MVP ini juga dapat menjatuhkan barang yang langka dan mahal sehingga banyak diminati oleh pemain-pemain RO.
PVP
PVP (Player VS Player) adalah suatu layanan yang memungkinkan player untuk bertarung dengan player lainnya. Dengan sistem PVP ini, player bisa mengetahui apa kekuatan dan kelemahan dari masing-masing karakter mereka. Dalam Ragnarok Online Indonesia, PVP tidak bisa dilakukan disembarang map, hanya bisa dilakukan pada map khusus PVP. Untuk mencoba layanan ini player tinggal berbicara dengan NPC. Kemudian NPC tersebut akan memindahkan player ke map khusus PVP, pada map ini player bebas membunuh player lain.

Vending
Skill khusus yang hanya dimiliki oleh salah satu profesi dalam Ragnarok Online. Merchant dan profesi lanjutannya bisa mempelajari skill ini, dengan memenuhi persyaratan skill vending terlebih dahulu.
Vending adalah skill yang berguna untuk memperlihatkan item-item yang ingin dijual kepada player lain. Sama seperti membuka toko dalam kehidupan nyata. Player hanya perlu berdiam diri di kota yang banyak dilalui orang (biasanya payon, morroc, prontera) kemudian klik skill vending, maka akan terbuka jendela. Pada jendela ini kita memasukkan item yang ingin dijual + harganya (dalam zeny).
Dengan sistem ini mempermudah player untuk menjual item kepada player lainnya. Si penjual hanya perlu menunggu saja pembeli datang ke “Toko”-nya tanpa menjajakan barang dagangannya dalam chat. Dan si pembeli bisa melihat bentuk, status, dan harga item yang dijual dengan lengkap.

KELEBIHAN RAGNAROK ONLINE
Ragnarok online sangat mementingkan komunitas dan interaksi antar pemain, sehingga player tidak akan gampang bosan. Pemain dapat menikah atau bahkan mengadopsi anak, dan player akan mendapatkan status tambahan.
Sistem gameplaynya cukup mudah, player dengan segala usia dan gender dapat memainkannya.
Hunting dalam Ragnarok Online lebih menitik beratkan pada sistem grup. Player dapat bersama-sama leveling ditempat yang sangat sulit untuk hunting secara solo.
Profesi pendukung (Support) dalam Ragnarok Online sangat dibutuhkan dalam grup. Dimana dalam game online yang lainnya, profesi support hampir tidak terlihat sama sekali perannya, hal ini membuat pemain malas untuk membuat profesi pendukung. Dengan bergunanya profesi pendukung dalam Ragnarok Online, maka strategi permainan menjadi lebih bervariatif dan player pun jadi lebih mudah dalam leveling.
Quest dalam Ragnarok Online sangat beragam dan menarik untuk diselesaikan.  Hal ini jg yg menjaga agar player tidak cepat bosan.
Player dapat dengan leluasa mengeksplorasi status dari karakter meraka. Jadi beda player, maka dapat berbeda pula build dari karakter mereka.

KELEMAHAN RAGNAROK ONLINE
Tidak ada fitur lelang. Pemain harus vending, terkadang dengan waktu yang lama, untuk menjual barang dagangan mereka. Padahal dengan sistem lelang, player hanya perlu menaruh item dalam pelelangan kemudian player dapat meninggalkan item tersebut dengan status item tersebut tetap “dijual” walaupun si penjual sedang hunting atau sudah logout.
Tidak ada petunjuk untuk leveling, terkadang hal ini dapat membuat pusing para newbie.
Tidak adanya teleport langsung ke field atau dungeon. Player harus berjalan untuk menuju ke tempat hunting, hal ini sangat merepotkan player.

DOTA 2

DOTA 2 adalah permainan strategi dimana kita harus bekerja sama dengan pemain yang ada dalam satu tim untuk menjatuhkan markas tim lawan. DOTA 2 merupakan versi terbaru dari DOTA yang dulunya merupakan satu kesatuan dengan WARCRAFT III. DOTA dan DOTA 2 tidak jauh berbeda dari segi HERO (sebutan karakter atau unit pada game yang bisa kita kendalikan) yang dapat kita pilih dan item yang dapat kita beli. Namun pada DOTA 2 visual yang ditampilkan jauh lebih bagus dan sistem pembelian item yang lebih mudah.

FITUR PADA DOTA 2
Level
Pada DOTA 2, setiap kita selesai memainkan sebuah game, maka kita akan mendapatkan Battle Point (BP). Jumlah BP yang kita dapatkan bergantung dari lamanya menit kita bermain. Semakin lama game berlangsung, maka semakin banyak pula BP yang ktia dapatkan. Apabila BP sudah mencapai 1000 point, level kita akan naik satu tingkat. Level ini berguna untuk mendapatkan itemrare (langka) pada saat selesai memainkan game. Makin tinggi level yang kita miliki, maka akan semakin tinggi pula kemungkinan item rare yang kita dapatkan.

Matchmaking
Berbeda dengan DOTA, DOTA 2 menggunakan sistem matchmaking untuk bermain dalam suatu game. Sistem pada steam akan secara otomatis mencari server yang ada untuk kita bermain. Ketika sistem sudah menemukan server tempat kita akan bermain, maka kita akan diberikan pilihan untuk accept atau decline untuk bermain di server tersebut.

Customize Hero
Pada DOTA 2 kita dapat merubah tampilan HERO sesuai dengan keinginan kita. Yaitu dengan merubah equip pada tampilan hero menggunakan item yang ada. Contoh sederhananya adalah kita dapat mengubah jubah yang dipakai Furion ataupun pedang yang dimiliki oleh Sven dengan pedang yang kita dapatkan ataupun dengan cara membelinya dari STORE. Item ini tidak berpengaruh pada HERO yang kita mainkan selain hanya tampilan HERO yang lebih cantik dan elegan.

Sistem Pembelian Item
Sistem pembelian item pada DOTA 2 sangat mudah jika dibandingkan dengan DOTA. Kita dapat mengetahui item apa saja yang direkomendasikan untuk HERO yang kita pakai (dapat kita edit sendiri) sebagai referensi dalam pembelian item. Dan kita hanya perlu klik kiri pada resep item untuk membeli item tersebut. Jadi jika kita akan membuat Power Treads, kita tidak perlu membeli secara terpisah Boots, Belt Of Strength dan Glove of haste. Kita hanya perlu membeli resep Power Treads, maka sistem akan otomatis membeli item-item yang dibutuhkan, tentu saja gold yang dibutuhkan harus memenuhi.

Keyword Skill
Tombol cepat untuk mengakses skill pada HERO cukup simple pada DOTA 2. Kita hanya perlu mengingat 4 keyword (secara umum, ada beberapa hero yang mempunyai 6 keyword), yaitu Q, W, E dan R. Q untuk tombol cepat skill pertama, W untuk tombol cepat skill kedua, E untuk tombol cepat skill ketiga, dan R untuk tombol cepat skill ultimate hero.
KELEBIHAN DOTA 2
Better teamwork (memperbaiki kerja sama antara pemain)
Dulu kalau mau voice chat, kita harus menggunakan software 3rd party bernama ventrilo (pada umumnya) tapi sekarang Dota 2 memberikan fitur voice chat terintegrasi pada game nya. Jadi tidak perlu lagi menggunakan software luar lainnya yang memungut bayaran. HoN sendiri sudah membuat fitur ini dan semua nya menyukainya. Sudah seharusnya Dota 2 juga memberikan informasi yang sama.

Unique Hero graphics and voices (Grafik hero dan suara yang lebih baik dan unik)
Grafik hero dan juga suaranya mungkin sudah banyak dikenal oleh pemain-pemain Indonesia yang sebelumnya sudah pernah bermain Dota. Tugas designer valve kali ini adalah memberikan keistimewaan pada karakter masing2 baik dalam grafik maupun suara agar tidak terlalu banyak mengubah konsep dari hero yang sudah ada, bahkan menambahkan kekerenannya agar menarik perhatian untuk pemain baru.

Better Community Experience (memperbaiki komunitas dota)
Valve kali ini akan memberikan fitur tambahan kepada pemain yang memiliki sifat positif terhadap komunitas. Guna untuk meringankan adanya perselisihan antar pemain, para pemain akan diberikan hadiah dalam game. Bisa berupa badge atau hadiah virtual lainnya.

Better Experience for New Players (mempermudah fitur untuk pemain baru)
Dota adalah game yang cukup kompleks terutama untuk pemain yang baru mulai. Di Dota 2 diharapkan agar memberikan tutorial lebih detail kepada para newbie ini agar bisa cepat mengerti game ini, seperti :
Match Making (sistem yang juga diimplementasikan di HoN untuk membuat game room) dengan sesama pemain baru jadi bisa sama2 belajar dari kelemahan masing2.
Guide yang bisa berinteraksi dengan pemain dan mudah di mengerti
Fitur latihan semacam coach
AI Bots yang dapat membantu pemain melawan komputer dengan level kesulitan yang berbeda2.

Better Experience for Veteran Players (Fitur lebih baik untuk para veteran)
Dari tadi diatas hanya menjelaskan tentang fitur untuk pemain baru, lalu bagaimana dengan pemain lama? Apa yang disediakan valve untuk para veteran?
Ada yang namanya skill-based match-making system. Dari pada bertanding campur aduk dengan kemampuan level yang berbeda2, kita bisa membuat room dengan memberi batas level kemampuan sejauh yang kita mau.
Selain itu, kita juga mendapat option dapat menggunakan AI bot jika ada pemain yang meninggalkan room dan tidak kembali atau kita sendiri dapat mengkontrol pemain tersebut. Sayangnya fitur ini bisa menjadi pedang bermata dua karena pemain lainnya jika mendapat satu team dengan pemain baru, ia akan meminta pemain baru ini untuk meninggalkan game karena merasa AI Bot dapat bermain lebih baik dari mereka. Tentu ini berakibat sangat buruk.

KEKURANGAN DOTA 2
Untuk bermain Dota2 anda diharuskan mempunyai beta key Dota 2. Nah beta key ini bisa dibilang agak sulit untuk mendapatkannya. Anda harus mengikuti survey yang disediakan pihak Valve, kemudian anda akan diminta menunggu balasan dari Valve yang berisi undangan untuk bermain Dota 2. Biasanya akan dibalas setelah 2minggu dari anda mengikuti survey.
Karena grafiknya yang bagus dan sangat menonjolkan 3D, sudah dapat dipastikan dibutuhkan spesifikasi komputer yang lumayan tinggi untuk memainkan game ini.
Belum bisa dimainkan secara LAN.
Diharuskan mempunyai koneksi internet untuk memainkan game ini. Tidak seperti game pendahulunya (Dota) yang bisa dimainkan offline dengan melawan AI, di Dota 2 ini kita harus terkoneksi ke internet walaupun hanya ingin main melawan AI.
Server internasional, sehingga membutuhkan koneksi internet yang cukup kuat dan stabil.

FACEBOOK

Facebook merupakan web jejaring sosial yang diluncurkan pada tahun 2004 yang dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc. Pada Mei 2012, Facebook memiliki lebih dari 900 juta pengguna aktif. Pengguna harus mempunyai akun sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah mempunyai akun, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah, atau perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman - teman mereka ke dalam daftar seperti "Rekan kerja" atau "Teman dekat".
Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa ilmu komputer Eduardo Saverin, Dustin Moskovitzdan dan Chris Hughes. Awalnya Keanggotaan situs web ini terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun. Studi Compete.com bulan Januari 2009 menempatkan Facebook sebagai layanan jejaring sosial yang paling banyak digunakan menurut jumlah pengguna aktif bulanan di seluruh dunia.
Fitur dan konten pada Facebook
Tampilan awal Facebook.
Jika pengguna sudah memiliki akun, maka dapat masuk / login menggunakan email atau nomor telepon serta memasukkan kata sandi si pengguna pada kolom berikut.

Namun, jika pengguna belum mempunyai akun Facebook, maka pengguna harus mendaftarkan diri terlebih dahulu dengan cara mengisi data pada kolom "Mendaftar", setelah semua data diisi dengan lengkap, klik tombol "Mendaftar" pada bagian bawah dan ikuti petunjuk selanjutnya. Berikut ini adalah tampilan untuk mendaftar pada Facebook.

Setelah melakukan proses login, maka akan muncul tampilan beranda pengguna Facebook, disini kita bisa  melihat fitur - fitur yang ada pada Facebook, berikut adalah tampilan beranda pengguna facebook dan fitur - fitur yang dapat diakses.

Beranda pada facebook berfungsi sebagai tempat untuk ditampilkannya informasi dari status pengguna lain, foto sharing, dan lain - lain. Disini juga pengguna dapat memperbarui status dan menambahkan foto mereka untuk dibagikan kepada user lain ataupun di koleksi untuk sendiri.
Di bagian sebelah kanan terdapat daftar teman yang sedang online (ditandai dengan titik berwarna hijau), jika teman sedang online, kita dapat mengobrol (chatting) secara langsung, namun jika pengguna lain sedang tidak online, maka pesan yang akan kita kirim dapat dibaca ketika pengguna tersebut sedang login ke dalam facebook.
Berikut adalah tampilan chatting pada facebook :

Disini kita dapat mengobrol secara langsung dengan satu atau lebih pengguna lain, dapat juga mengirim gambar serta file.
Facebook juga menyediakan "Group" untuk pengguna supaya dapat bergabung dan berbagi informasi untuk anggota grup tersebut. Segala informasi yang ditulis di dalam grup akan masuk ke dalam notifikasi anggota grup tersebut. Pengaturan grup juga dapat dipilih seperti:
·         grup terbuka (grupnya dapat diakses oleh umum),
·         grup tertutup (hanya beberapa orang saja yang mempunyai alamat grup yang dapat mengaksesnya),
·         grup rahasia (hanya anggota grup saja yang dapat mengakses grup tersebut).
Fasilitas "Cari Teman" berfungsi untuk mencari teman sesama pengguna facebook lainnya. Disana  kita dapat memasukkan kriteria pencarian teman yang kita inginkan, misalkan kita ingin mencari teman berdasarkan wilayah tempat tinggal, sekolah, perguruan tinggi, perusahaan, dan lain - lain.

Selain itu, pengguna dapat mengatur privasi akun facebooknya di dalam "Setting". Berikut adalah kegunaan dari fitur pengaturan privasi pada facebook :
ü  pengguna dapat mengendalikan cara terhubung dengan pengguna lain,
ü  mengontrol konten dan kiriman orang lain ke facebook pengguna,
ü  mengelola pengaturan pengaturan iklan, aplikasi, permainan, dan situs web,
ü  membatasi pemirsa untuk kiriman yang pengguna bagikan kepada pengguna lain,
ü  mengelola aplikasi dan pengguna lain yang diblokir,
ü  dan lain - lain.
Lalu terdapat pengaturan umum akun pada facebook yang berfungsi untuk mengubah nama pengguna, alamat email, kata sandi, bahasa, keamanan, pemberitahuan, pelanggan, aplikasi, pembayaran, iklan facebook, dan lain - lain. Berikut adalah tampilan dari pengaturan umum pada facebook :
Jadi secara umum konten dan fitur facebook meliputi :
·         pembuatan akun pribadi secara mudah dan gratis,
·         status updates,
·         notifikasi dari pengguna lain,
·         memiliki fasilitas chatting,
·         tampilan profil yang dapat diatur oleh pengguna agar menarik,
·         memiliki media upload dan download file,
·         fasilitas pertemanan dan dapat mencari teman lewat facebook,
·         terdapat kronologi pada wall facebook yang sistematis,
·         dapat membuat grup pada facebook untuk mempermudah komunikasi,
·         dapat melakukan video call,
·         terdapat aplikasi - aplikasi seperti games dan lain- lain.
Kelebihan dan kelemahan Facebook.
Kelebihan dari Facebook antara lain :
ü  memudahkan dalam mencari teman,
ü  sebagai sarana berkomunikasi,
ü  memperluas pergaulan,
ü  sarana untuk bertukar informasi,
ü  untuk promosi bisnis / usaha.
Kekurangan Facebook antara lain :
·         membuat adiktif / kecanduan,
·         mengganggu konsentrasi terutama bagi para pelajar yang terlalu gemar berinteraktif di sosial media,
·         memungkinkan terjadinya tindak kejahatan seperti penipuan, dan lain - lain.

KASKUS

Kaskus adalah situs forum komunitas maya terbesar dan nomor 1 Indonesia dan penggunanya disebut dengan Kaskuser. Kaskus lahir pada tanggal 6 November 1999 oleh tiga pemuda asal Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan, yang sedang melanjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat. Situs ini dikelola oleh PT Darta Media Indonesia. Kaskus memiliki lebih dari 4,5 juta pengguna terdaftar. Pengguna Kaskus umumnya berasal dari kalangan remaja hingga orang dewasa yang berdomisili di Indonesia maupun di luar Indonesia.
Kaskus, yang merupakan singkatan dari Kasak Kusuk, bermula dari sekadar hobi dari komunitas kecil yang kemudian berkembang hingga saat ini. Kaskus dikunjungi sedikitnya oleh 900 ribu orang, dengan jumlah page view melebihi 15.000.000 setiap harinya. Hingga bulan Juli 2012, Kaskus sudah mempunyai lebih dari 601 juta posting.
            Menurut Alexa.com, pada bulan September 2011 Kaskus berada di peringkat 264 dunia dan menduduki peringkat 7 situs yang paling banyak dikunjungi di Indonesia. Pada tanggal 26 Mei 2012, Kaskus mengalami gangguan pada DNS (Domain Name System) pada domain .us. Sehingga, pada 27 Mei 2012, Kaskus berpindah domain yang mulanya berdomain .us sekarang menjadi .co.id dan .com
Fitur fitur dan konten konten yang ada dikaskus yaitu :
KasPay
Ada sebuah layanan terbaru dari situs Kaskus yang menyediakan sistem pembayaran secara ''online'' yang disebut KasPay. Layanan tersebut telah diluncurkan pada Jumat 6 November 2009, pada acara Perayaan Ulang Tahun ke-10 Kaskus di Poste, The East Euilding, Kuningan, Jakarta. Layanan transaksi ini dapat digunakan tidak hanya di Kaskus tetapi dapat digunakan terhadap situs-situs lain yang berafiliasi dengan KasPay.
Kaspay akan beroperasi layaknya E-wallet yang akan dijadikan alat untuk transaksi jual beli di seluruh transaksi online. Seluruh proses transaksi KasPay dilakukan melalui transfer sejumlah uang, sehingga aman dari modus penipuan dan pemalsuan kartu kredit dan keamanan transaksi selalu dipastikan dengan konfirmasi melalui e-mail dan catatan transaksi.
e-pulsa
e-pulsa  adalah sebuah layanan dari Kaskus yang menyediakan fasilitas pengisian pulsa dan jika kita mau membeli, kita harus membayar menggunakan KasPay. Semua layanan operator didukung di Kaskus e-pulsa.
Kaskus Ads
Layanan Kaskus yaitu Kaskus Ads atau KAD adalah sebuah situs di mana jika kita mau beriklan di Kaskus, kita bisa menempatkan iklan tersebut, tetapi kita harus membayar Kaskus. Dengan layanan Kaskus Ads banyak sekali orang atau pengguna kaskus yang senang beriklan di Kaskus karena biayanya murah dan karena Kaskus mempunyai (sekarang) lebih dari tiga juta pengguna.
Kaskus Radio
Kaskus Radio merupakan sebuah Radio Internet Indonesia di bawah naungan komunitas Kaskus. Kaskus radio yang biasa disingkat KR memiliki lebih dari dua puluh penyiar. Radio yang memutarkan lagu selama 24 jam ini memutarkan lagu dari berbagai bahasa, seperti bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, Korea, dan masih banyak lagi.
Kaskus Mobile
Kaskus mobile adalah situs Kaskus yang sudah diubah tampilannya menjadi minimalis sehingga sesuai dengan layar perangkat telepon genggam. Alamat Kaskus mobile adalah m.kaskus.co.id atau kask.us. Fitur di versi ini bersifat terbatas.
Kelebihan Kaskus

Kaskus sangat mudah dan cepat untuk diakses di Indonesia karena servernya kebetulan berlokasi di jakarta indonesia.
Tampilannya Menarik sehingga memudahkan para pengguna untuk melihat dan membuka konten


Kekurangan Kaskus

Kadang Kadang Kaskus sering terjadi maintenence yang diakibatkan karena kelebihan posting oleh para pengguna atau overposting . sehingga mengakibatkan para pengguna susah bahkan tidak bisa untuk membuka situs kaskus. Biasanya hal ini terjadi karena database kaskus sudah kepenuhan atau bisa juga karena adanya serangan hacker untuk menghack situs kaskus tersebut dengan menggunakan teknik Denial of Services (DoS).

YOUTUBE

YouTube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer dimana para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik (video klip), film, TV, serta video buatan para penggunanya sendiri. Format yang digunakan video-video di YouTube adalah .flv yang dapat diputar di penjelajah web yang memiliki plugin Flash Player. Menurut perusahaan penelitian Internet Hitwise, pada Mei 2006 YouTube memiliki pangsa pasar sebesar 43 persen.
Pada 9 Oktober 2006 diumumkan bahwa YouTube telah dibeli Google dengan harga US$ 1,65 miliar. Pada awal April 2008 beberapa ISP Indonesia menutup akses ke beberapa situs web termasuk YouTube karena memuat film Fitna. Awalnya pemblokiran berupa pemblokiran sepenuhnya terhadap seluruh situs web, namun kemudian diubah menjadi pemblokiran terhadap URL tertentu yang memuat video tersebut saja.
Dampak Sosial
Sebelum peluncuran YouTube tahun 2005, terdapat beberapa metode sederhana yang dapat digunakan oleh pengguna komputer awam yang ingin mengunggah video secara daring. Dengan antarmuka yang sederhana, YouTube memungkinkan siapa saja dengan koneksi internet untuk mengunggah video dan penonton dari seluruh penjuru dunia dapat menikmatinya hanya dalam beberapa menit. Keanekaragaman topik yang ada di YouTube membuat berbagi video menjadi salah satu bagian yang penting dalam kultur berinternet.
Kelebihannya :
·         bisa melihat dan mengupload video yang kita suka
·         sebagai ajang promosi diri
·         bisa mendownload setiap video
·         bisa belajar streaming, banyak video bermanfaat
·         ukurannya ada yang HD, bisa di download
·         videonya banyak
·         kekurangannya :
·         bisa disalahgunakan penggunanya
·         banyak informasi yang menyesatkan
·         banyak negara yang memblok Youtube
·         Karena terlalu bebas upload jadi banyak video yang tidak berguna atau video pornografi yang terupload
·         gambarnya tersendat sendat
·         banyak video dengan kualitas buruk
·         tidak cocok untuk slow conection
·         tidak bias download secara langsung

Sumber :

http://www.kotakgame.com/berita/detail.php?id=1476
http://www.lyto.net/games/ragnarok/
http://ragnarok.lytogame.com/roguide/intro/intro.asp
http://id.wikipedia.org/wiki/Ragnarok_Online#Permainan_.28Gameplay.29
http://dota2guideindonesia.blogspot.com/2012/08/apa-itu-dota-2.html
http://www.bungamesa.com/2012/03/ulasan-game-dota-2.html
http://indodota2.wordpress.com/2011/07/12/apa-yang-diharapkan-ada-pada-dota-2/
http://www.jagatreview.com/2011/11/preview-dota-2-kejutan-beta-key-di-akhir-minggu/2/
http://id.wikipedia.org/wiki/Facebook
http://id.wikipedia.org/wiki/Kaskus
http://blognyakrishna.blogspot.com/2011/02/kelebihan-dan-kekurangan-youtube.html
http://id.wikipedia.org/wiki/YouTube

Tidak ada komentar:

Posting Komentar